YPMNU Kabupaten Magelang Gelar Seminar Pendidikan Untuk Tingkatkan Mutu PAUD

BNews–MAGELANG- Tingkatkan mutu PAUD, sebanyak 130 perwakilan TK/RA di Kabupaten Magelang  ikuti sebuah Seminar Pendidikan (30/6/2021). Dimana acara tersebut bernama Membangun Sinergitas yang digelar Yayasan Pendidikan Muslimat Nahdlatul Ulama (YPMNU) Kabupaten Magelang.

Seminar juga dihadiri perwakilan dari Disdikbud Kabupaten Magelang, Kemenag Kabupaten Magelang, DPRD Kabupaten Magelang.

Ketua YPMNU Kabupaten Magelang, Hibatun Wafiroh menjelaskan, kegiatan itu untuk membangun hubungan yang lebih intens. Yakni antar pemangku kepentingan, saling memberi dukungan dan bantuan dari sisi administrasi, aksesibilitas anggaran, kuota-kuota akreditasi, dan hal-hal lain.

Pasalnya, sebut Wafiroh, masih ada dikotomi kewenangan antar pemangku kepentingan.

“Kami melihat ada dikotomi, artinya bahwa sekolah di bawah yayasan sudah bukan tanggung jawab pemerintah. Misal, (kewenangan) dari Kemenag, (lalu) Disdikbud tidak memerhatikan. Kami tidak ingin itu karena, baik Kemenag juga Disdikbud, punya tanggung jawab bersama untuk membantu peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini,” ujarnya di Graha Kartika Nawa PCNU, Rabu (30/6).

Selain itu, Wafiroh mengaku, masih ada anggapan diskriminatif bahwa pendidikan anak usia dini alias PAUD tidak seperti sekolah. Padahal PAUD adalah fondasi yang mengukur kualitas pendidikan dan membentuk kecerdasan anak.

Karena ukurannya anak-anak ini tergantung dididik seperti apa. Kalau fondasinya bagus, ke depan generasi penerusnya juga bagus. Sebaliknya, kalau fondasinya tidak kuat, pengelolaan asal-asalan, mungkin akan memunculkan generasi penerus yang kurang berkualitas,” imbuhnya.

Wafiroh menambahkan setelah seminar itu berlangsung, harapannya akan melibatkan banyak pemangku kepentingan lantaran PAUD di Kabupaten Magelang tidak mungkin diurusi satu lembaga saja agar mutu pendidikan bisa meningkat, terutama PAUD tidak lagi diremehkan.

Pada kesempatan itu, turut hadir Kasi Pendidikan Masyarakat dan Keluarga Kabupaten Magelang Murni, Kepala Kemenag Kabupaten Magelang Zainal Fatah, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Magelang Syukur Ahadi sebagai narasumber seminar. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: