Yuk Intip Keseruannya, Ada Kontes Kambing di HUT Mungkid ke 35

BNews—MUNTILAN—Rangkaian HUT Kota Mungkid ke-35 bakal meriah. Pasalnya berbagai jenis perlombaan diadakan, dan yang paling menarik adalah kontes kambing Kaligesing.

 

Perlombaan yang akan digelar pada hari Selasa, 19 Maret 2019 di Pasar Hewan Muntilan ini akan diikuti kurang lebih 200 anggota Perkumpulan Kambing Kaligesing (Perkanas). “Kontes besok kita ambil tema MEGA GEMILANG, yang akan diikuti peserta dari anggota Perkanas Jawa Tengah dan Yogyakarta,” ungkap Soim Ketua Perkanas Kabupaten Magelang.

Advertisements


 

“Kegiatan ini tentunya dalam rangka meramaikan HUT Kota Mungkid dimana kami berkerja sama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, dimana pihak Pemkab Magelang melalui dinas tersebut menyediakan Tropi Bupati Magelang dan Uang Pembinaan sebesar Rp.36 Juta rupiah,” imbuhnya.

 

Disampaikan juga bahwa kontes ternak kambing Kaligesing ini sebagai upaya pembinaan bagi peternak kambing PE / kambing yang sudah menjadi plasmanutfahnya Kaligesing Purworejo dan sekitarnya termasuk di Magelang. “Dalam kontes nanti akan diperebutkan sebanyak 24 pemenang dari 8 kategori, antara lain katagori Kelas A pejantan (juara 1-3), kelas B betina (juara 1-3), kelas C, D jantan jantan betina juara 1-3 semua dan lainnya,” ungkapnya.


 

Dalam kontes tersebut akan terdapat juri sebanyak 7 orang yang terdiri dari 2 orang dewan juri khusus dan 5 orang juri dari anggota Perkanas Jateng yang sudah tidak diragukan lagi penegtahuannya. Sementara kriteria penilaian antara lain khusus untuk kambing kaligesing adalah lingkar kepala, panjang telinga, postur dan tinggi badan, dan bulu.

 

“Acara akan dimulai pukul 08.00 wib, dan nanti bersamaan dengan kontes Sapi Raksasan, Domba serta kambing Borobudur,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: