2576 BPD se Magelang Dilantik, Bupati Minta Awasi Dana Desa

BNews—MUNGKID— Pelantikan 2576 Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 365 Desa se Kabupaten Magelang digelar siang tadi (11/3). Acara langsung dipimpin oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin,SiP di Pendopo Soepardi Sawitan Kota Mungkid.

 

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Magelang Nomor 180.182/71/KEP/13/2019. Dimana pelantikan anggota BPD ini untuk masa bhakti tahun 2019-2025.

 

“Masa jabatan anggota BPD masa bhakti 2013-2019 pada 365 Desa telah berakhir pada bulan Maret tahun 2019. Sementara itu, untuk 2 Desa, yakni Desa Bumirejo Kecamatan Kaliangkrik dan Desa Kleteran Kecamatan Grabag masa jabatan BPDnya akan berakhir pada tahun 2022,” katanya setelah acara pelantikan berlangsung.

 

Sebanyak 2576 anggota BPD ini tersebar di 365 Desa di Kabupaten Magelang. ”Sejak bulan November 2018 kemarin sudah dipersiapkan secara serentak untuk pengisian anggota BPD di 365 Desa, tentunya sesuai prosedur yang berlaku dan mengutamakan proses musyawarah,” imbuhnya.

 

Ditambahkan pula bahwa BPD mempunyai tiga fungsi, yakni membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama Kepala Desa. Kemudian fungsi yang kedua adalah menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

 

“Saya meminta dan berharap agar para anggota BPD bisa menjadi agen-agen perubahan yang bisa menyampaikan kebenaran-kebenaran yang ada di masyarakat, mampu membantu dalam menangkal berita hoax yang beredar di Masyarakat juga yang mengancam perpecahan bangsa,” pungkasnya. (bsn)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: