Ini 3 Lokasi Exit Tol Jogja-Bandara YIA di Kulon Progo

BNews—JOGJAKARTA— Tiga titik pintu keluar atau Exit Tol Jogja-Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) bakal dibangun di Kulon Progo. Pemilihan tiga lokasi pintu keluar tol tersebut diharapkan memberikan sejumlah dampak positif bagi Kabupaten Kulon Progo.

”Pasti nanti akan banyak tempat-tempat yang kemudian bisa menggerakkan roda perekonomian di Kulon Progo ini. Pada waktu membahas jalan tol ini memang kami minta kepada Balai Jalan Tol paling tidak ada tiga exit tol di Kulon Progo yang sepertinya sudah disetujui dan direkomendasikan,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Triyono, baru-baru ini.

Ia mengungkapkan, pemilihan tiga lokasi pintu keluar tol tersebut diharapkan memberikan sejumlah dampak positif bagi Kabupaten Kulon Progo.  Misalnya, exit tol yang berlokasi di Sentolo, diharapkan mampu mendukung aktivitas perindustrian yang menempati wilayah tersebut.

Namun, Triyono menyebut pintu keluar tol di wilayah tersebut belum masuk prioritas pembangunan. Dan baru ada beberapa perusahaan yang sudah beroperasi di sana.

”Tetapi belum memenuhi untuk jadi kawasan industri. Sehingga, kemungkinan exit tol di Sentolo akan masuk masuk pembangunan tahap berikutnya,” sebutnya.

Sementara itu, exit toll di Wates yang berlokasi di Pengasih diharapkan dapat mendukung rencana pemerintah setempat yang secara khusus ingin mengembangkan kawasan tersebut. Salah satunya rencana di sektor pariwisata sebagai penggerak ekonomi masyarakat.

”Oleh karena itu, dengan exit toll di Wates ini, tentu akan menjadi salah satu tempat untuk kemudian menggerakkan wisata Kulon Progo. Utamanya di wilayah Girimulyo, Kokap, kemudian ke utara lagi di Kalibawang, Samigaluh,” jelas Triyono.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Selain di kedua lokasi tersebut, pintu keluar Jalan Tol Jogja-YIA juga bakal disiapkan di kawasan Bandara YIA.

“Di Kulonprogo ada enam kapanewon atau kecamatan yang nanti terdampak dan dilalui dari jalan tol ini. Mulai dari Sentolo, kemudian Nanggulan, kemudian Pengasih, Kokap, Temon, kemudian yang satu lagi Wates sendiri. Jumlah desanya kalau tidak salah ada sekitar 15 desa atau kalurahan yang akan dilewati jalan tol ini,” ucap Triyono. (ifa/han)

Sumber: Harian Jogja

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: