5 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kesehatan, Bisa Perbaiki Suasana Hati

BNews—KESEHATAN— Tidur merupakan suatu aktivitas yang mampu memberikan pengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental secara menyeluruh.

Aktivitas ini memengaruhi produktivitas, kreativitas, kestabilan emosi, berat badan, fungsi kekebalan tubuh (imun), hingga kesehatan organ vital seperti jantung dan otak.

Waktu tidur yang cukup diperlukan agar Anda bisa memperoleh manfaatnya secara maksimal. Ini artinya, tidur yang kurang maupun berlebihan sama-sama dapat memberikan dampak negatif.

Saat tidur, otak akan mempersiapkan tubuh untuk hari esok. Kurangnya waktu istirahat akan membuat Anda sulit bekerja, belajar, dan berkomunikasi dengan orang lain keesokan harinya.

Dengan beragam masalah yang diakibatkan oleh kurang tidur, otak akan makin kerepotan saat menghalau stres, kecemasan, hingga depresi yang Anda alami. Bahkan, kondisi ini mampu meningkatkan risiko masalah kesehatan kronis, seperti kenaikan berat badan yang cukup drastis, diabetes, hingga penyakit jantung.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari waktu tidur yang cukup

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Saat tidur, tubuh akan mengeluarkan sejenis protein yang disebut sitokin. Sitokin mampu melindungi tubuh dengan cara meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh.

Nah, sistem imun penting untuk melawan infeksi dan gangguan lainnya. Jika kurang tidur, Anda mungkin tidak memiliki cukup sitokin untuk melindungi tubuh dari penyakit.

Sementara itu, kurangnya jam istirahat dapat meningkatkan produksi zat yang memicu peradangan dalam tubuh. Kondisi ini sama seperti saat Anda mengalami asma atau alergi.

2. Mengendalikan nafsu makan

Saat Anda tidur pada malam hari, kebutuhan kalori akan berkurang karena minimnya pergerakan. Hal inilah yang membuat kebutuhan energi menjadi menurun.

Namun, saat kurang tidur, otak akan menurunkan kadar leptin, yaitu hormon yang menciptakan rasa kenyang dan membuat Anda jadi mudah lapar.

Terlalu banyak makan tentu dapat meningkatkan indeks massa tubuh (IMT). Untuk mencegah kelebihan berat badan dan obesitas, Anda bisa cek risikonya dengan kalkulator IMT.

3. Menjaga kesehatan jantung

Tidur yang cukup juga memiliki manfaat untuk menurunkan berbagai risiko penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi) dan serangan jantung.

Saat Anda tidak memperoleh waktu istirahat yang memadai, tubuh akan melepaskan hormon stres yang disebut kortisol. Hormon ini membuat jantung bekerja lebih keras.

Sama halnya dengan sistem imun, jantung juga perlu beristirahat agar bisa berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu tidur cukup setiap malam agar kesehatan jantung terjaga.

4. Memperbaiki suasana hati

Tahukah Anda bahwa salah satu fungsi tidur ialah menjaga kesehatan mental? Istirahat yang cukup bisa memperbaiki suasana hati sehingga membuat Anda lebih segar dan bahagia.

Waktu tidur yang cukup juga meningkatkan energi. Ini membuat Anda lebih bersemangat untuk kembali beraktivitas ketika bangun pada keesokan paginya.

Dengan begitu, Anda akan mampu menebarkan energi positif dalam berkegiatan. Hal ini tentu saja tidak hanya berdampak pada diri Anda, tetapi juga orang lain di sekitar.

5. Membuat Anda panjang umur

Waktu tidur ternyata berkaitan dengan angka harapan hidup seseorang. Meski begitu, hal ini juga bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk penyakit yang dialami.

Namun, setidaknya lama dan kualitas tidur cukup berperan dalam memperpanjang umur Anda. Makin sedikit waktu tidur seseorang, makin besar risiko terjadinya kematian dini.

Bahkan, tidur kurang dari lima jam berisiko menyebabkan kematian yang lebih cepat. Secara tidak langsung, hal ini menunjukkan salah satu manfaat tidur, yakni untuk membuat Anda panjang umur.

Berikut berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat tidur secara optimal.

  • Membuat jadwal tidur, yakni dengan mulai memejamkan dan membuka mata pada waktu yang sama setiap hari.
  • Menghindari berbagai pemicu gangguan tidur beberapa jam sebelum tidur, seperti kafein, nikotin, dan alkohol.
  • Menciptakan suasana yang nyaman, misalnya dengan menyesuaikan suhu AC dan mematikan lampu.
  • Melakukan olahraga secara teratur, minimal 30 menit setiap hari.
  • Mengurangi dan mengelola stres dengan cara yang sehat.

Beberapa langkah di atas dapat membantu Anda untuk tidur cukup. Namun, bila Anda mengidap insomnia atau gangguan tidur lainnya, segera konsultasikan dengan dokter.

Sumber: hellosehat

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: