Akan dibangun Jalan Layang Penghubung Mendut-Pawon-Borobudur

BNews—BOROBUDUR— Pemerintah pusat berencana membangun skywalk lurus menghubungkan Candi Mendut-Pawon dan Borobudur. Jalan khusus pejalan kaki ini akan dibuat melayang.

Rencana pembangunan ini merupakan bagian dari pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur. Pembangunan akan direncanakan tahun 2020 ini.

Hal itu diungkapkan dalam diskusi dengan komisi V DPR RI Ir H Sujadi dan Kementrian PU, Binamarga dan Ciptakarya. Pembangunan skywalk yang menghubungkan Candi Mendut – Pawon – Borobudur rencananya jalan selebar tiga meter di atas tiang penyangga itu akan dibangun multy year 2020-2022.

Kepala Satker Pengembangan Kawasan Pemukiman Jateng, Dwiyatma Singgih Raharja Sabaris, mengatakan, Skywalk Mendut-Pawon-Borobudur itu akan diberi icon patung tiga dimensi yang kuat tapi ringan. Garis imajiner lurus ini akan menghubungkan tiga candi budhha itu.

Dengan adanya skywalk diharapkan pengunjung tidak hanya terkonsentrasi di candi saja. Jalur alternatif itu dari Candi Mendut melalui Dusun Bojong – Kali Progo – masuk Desa  Wanurejo – Jalan Nalaputradewa – Kawasan Candi Borobudur. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: