Akibat Hujan Harga Tembakau Anjlok

BNews-MERTOYUDAN—Harga komoditas tembakau masih tak stabil. Hal ini karena musim yang juga tidak menentu dalam beberapa hari terakhir

Salah satu pengrajang tembaku asal Deyangan Kecamatan Mertoyudan Magelang menerangkan bahwa harga daun terbaik atau daun bagian atas di pohonnya (Kepolo)  jika cuaca normal tanpa hujan mencapai  Rp 100 ribu per kg.”Namun karena kemarin sempat terjadi hujan beberapa hari sehingga sekarang harga daun terbaik anjlok menjadi Rp 50 ribu per kg-nya”,katanya.

Hal tersebut dikarenakan kadar kadungan tembakau menjadi menurun akibat terlalu banyak terendam air hujan. “Daun yang seharusnya sudah tua dan siap panen, akan menjadi muda lagi karena hujan, Meskipun dijemur hingga kering tapi kadar kadungannya sudah berbeda,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan untuk waktu tanam tembakau sendiri terdapat dua waktu  berbeda, yaitu pada bulan Mei dan tanam kedua pada bulan Juni. “Dimana yang ditanam pada bulan Mei sudah habis dipanen sebelum hujan tiba dan kualitasnya tentunya lebih bagus karena tidak terguyur hujan, sedangkan yang ditanam pada bulan selanjutnya masih separuh batang, untuk daun yang belum dipanen dan masa tanam kedua masih banyak belum dipanen,” terangnya.

 

“Meskipun tembakau masa tanam kedua kering ketika dijemur tetapi kualitasnya rendah,”tegasnya.

 

Dipihak lain Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang Eko Widi menerangkan bahwa masih banyak yang belum terpanen dan belum diolah.”Petani kali ini tidak memanen lebih awal walau kemarin hujan sempat mengguyur wilayah Magelang, mereka tetap sesaui waktu dan diolah sebisanya mereka walau tahu kualitasnya menurun akibat hujan,” jelasnya.

“Kita lihat sendiri dibeberapa wilayah seperti di Muntilan, Borobudur dan lainnya masih banyak petani yang menjemurnya karena memang banyak yang belum selesai panenya,”pungkasnya. (bsn)

 

Baca Juga :

1 Comment
  1. Bagus Prabowo says

    Semoga pabrikan bisa menghabiskan hasil anen tembakau sampai akhir panen dengan harga sesuai kwalitas barang. Saya petani tembakau dari Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: