Temuan di Salam Merupakan Candi Penyucian Diri Terbesar

BNews—SALAM— Tim eskavakasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah menyebut temuan bangunan di Desa Mantingan Kecamatan Salam Kabupaten Magelang merupakan sebuah Candi Petiraan. Bangunan untuk penyucian diri.

“Ini mengindikasikan merupakan bangunan candi petirtaan yang dengan tipe leter U. Dilihat sekilas ini candi petiran terbesar di Jawa Tengah,” kata Tim peneliti BPCB Jawa Tengah Jumiran.

Sejauh ini, kata dia, sudah ditemukan dua sudut dari struktur candi yaitu sudut sisi timur dan barat. “Ini yang paling besar di Jawa Tengah. Karena beberapa Candi Petirtaan yang kita temukan itu rata-rata berukuran 4 sampai 6 meter,” katanya. 

Junawan menjelaskan bahwa candi Petirtaan berfungsi untuk ziarah penyucian diri sebelum memasuki bangunan suci.  “Dari hasil rekontruksi yang kita lakukan ini sudah berhasil menemukan komponen batu yang kira-kira sembilan lapis, dengan ketinggian lebih dari 2,5 meter. Ini dengan ornamen batang yang detail, kualitas batu baik, dengan ukiran-ukiran yang sangat baik juga,” ujar Junawan. 

Lebih lanjut dia mengatakan dari hasil penelitian sementara dengan melihat profil candinya, bangunan ini dibangun pada masa klasik pertengahan perkiraan angka tahun 800-950-an atau abad IX. (bn1/jar)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: