Alasan Penting Miliki Asuransi Perjalanan dan Mengetahui Premi Asuransinya

BNews–TIPS-– Asuransi perjalanan kerap kali disepelekan atau dianggap gak penting oleh sebagian orang karena dinilai hanya menambah pengeluaran. Apalagi, kalau hanya melakukan perjalanan ke luar kota saja.

Padahal asuransi perjalanan itu bertujuan untuk berjaga-jaga jika terjadi musibah yang tidak diinginkan. Sayangnya, di Indonesia asuransi perjalanan itu masih kalah pamor di bandingkan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Padahal, jika Anda mengetahui detail manfaatnya, dijamin tak akan pernah melewatkan membeli asuransi perjalanan. Karena itu, buat Anda yang ingin melakukan perjalanan perlu mengetahui detail asuransi perjalanan dan tips memilihnya.

Selain itu, Anda juga harus memahami jenis-jenis premi asuransi, termasuk premi asuransi perjalanan.

Apa itu asuransi perjalanan?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau asuransi perjalanan itu bertujuan untuk memproteksi diri agar perjalanan lebih tenang dan nyaman.

Sederhananya, jenis asuransi yang satu ini dapat memberikan perlindungan selama perjalanan, mulai dari berangkat hingga pulang.

Misalnya aja, ada keterlambatan penerbangan atau terjadi kerusakan dan kehilangan bagasi, maka kerugian tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi sesuai dengan ketentuan polis.

Karena itu, asuransi perjalanan itu berguna banget untuk menghindari Anda dari kerugian finansial yang bisa bikin kantong jebol saat liburan. Gak mau dong pastinya?

Manfaat asuransi perjalanan

Nah, berikut adalah lima manfaat asuransi perjalanan yang dijamin bikin Anda makin mantap untuk selalu membeli asuransi setiap akan bepergian.

1. Kehilangan dan kerusakan bagasi

Anda pasti sudah sering mendengar cerita koper yang rusak bahkan hilang saat perjalanan. Jika Anda memiliki asuransi perjalanan, maka pihak asuransi akan menanggung risiko kerugian tersebut.

Ya, walaupun tak sebanding dengan rasa kesalnya, tapi setidaknya Anda mendapat ganti rugi ketimbang zonk gak dapat apa-apa.

2. Keterlambatan penerbangan

Dengan menggunakan asuransi perjalanan, Anda juga akan mendapat kompensasi jika penerbanganmu mengalami keterlambatan lho. Untuk nominal uang yang Anda dapatkan umumnya sesuai dengan kesepakatan yang ada pada polis.

3. Biaya pemulangan jenazah

Meninggal dunia saat sedang bepergian tentu tidak diinginkan oleh siapapun. Tapi, balik lagi namanya ajal siapa yang tahu.

Jika hal terpuruk tersebut terjadi, maka pihak asuransi akan menanggung biaya pemulangan jenazah. Dengan begitu, dapat mengurangi beban keluarga karena biasanya mereka juga akan menanggung biaya penguburan atau kremasi.

4. Biaya berobat

Pihak asuransi juga akan mengcover biaya pengobatan jika Anda sakit selama perjalanan. Itulah mengapa asuransi perjalanan sangat berguna karena biaya pengobatan tentu akan menguras banyak bujet.

5. Uang santunan jika meninggal dunia atau cacat permanen

Selama bepergian segala kemungkinan bisa saja terjadi. Salah satunya adalah terjadi kecelakaan yang berakibat fatal, seperti cacat permanen hingga meninggal dunia.

Dengan membeli asuransi perjalanan, maka pihak asuransi akan memberikan santunan kepada keluarga korban sesuai dengan polis yang sudah disepakati.

Apa itu premi asuransi? 

Premi asuransi adalah sejumlah biaya yang harus dibayarkan dalam jangka waktu tertentu sebagai kewajiban peserta sebagai tertanggung (nasabah asuransi).

Premi umumnya dibayarkan setiap bulan tergantung dari jatuh tempo sesuai dengan yang tertera dalam perjanjian atau polis asuransi.

Namun, untuk premi asuransi mikro yang memberikan premi asuransi murah, bisa dibayarkan per kuartal, per semester bahkan bisa juga dalam waktu per tahun.

Hanya dengan mengeluarkan biaya dalam jumlah tertentu, tertanggung tidak perlu menanggung, mengganti, atau membayar sendiri kerugian yang jumlahnya tak tentu akibat musibah yang dialami.

Jenis-jenis premi asuransi

Setelah mengetahui apa itu premi asuransi, Anda juga harus memahami lima jenis premi asuransi, yaitu:

1. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa memberikan perlindungan finansial dalam bentuk uang pertanggungan yang akan diberikan kepada ahli waris jika Tertanggung atau pemegang polis meninggal dunia.

2. Asuransi kesehatan

Premi asuransi kesehatan memberikan perlindungan finansial bagi Tertanggung jika dia jatuh sakit. Bentuk perlindungan macam-macam, tergantung pada manfaat yang ditawarkan asuransi kesehatan yang dia miliki. Umumnya, premi dapat menanggung biaya rawat inap dan obat.

3. Asuransi kendaraan

Premi asuransi kendaraan memberikan perlindungan finansial bagi pemegang polis jika dia mengalami berbagai risiko berkendara.

Umumnya, ada dua jenis asuransi kendaraan, yaitu asuransi All Risk atau comprehensive dan asuransi total loss only (TLO). Perbedaan kedua asuransi ini ada pada ketentuan dan cakupan perlindungan.

Asuransi all risk akan mengganti kerugian atas sebagian atau keseluruhan kendaraan. Sementara asuransi TLO hanya mengganti kerugian jika tingkat kerusakan mencapai 75 persen atau lebih.

4. Asuransi properti

Premi asuransi properti memberikan perlindungan finansial bagi pemegang polis atas risiko propertinya. Risiko yang dimaksud sangat beragam, misalnya kerusakan properti akibat musibah banjir, kebakaran, gempa bumi, dan lainnya.  

5. Asuransi perjalanan

Premi asuransi perjalanan memberikan perlindungan finansial bagi pemegang polis selama ia melakukan perjalanan.

Umumnya, jenis asuransi perjalanan dibedakan menjadi dua, yaitu asuransi perjalanan domestik, yang cakupan perlindungannya adalah perjalanan di dalam negeri, dan asuransi perjalanan internasional, yang cakupan perlindungannya adalah perjalanan di luar negeri.

Asuransi ini cocok dan diperlukan orang-orang yang kerap bepergian. Manfaat yang ditawarkan asuransi perjalanan sangat beragam, sesuai dengan produk asuransi yang Anda miliki.

Beberapa contoh manfaat asuransi perjalanan adalah ganti rugi kecelakaan, penggantian barang-barang yang hilang, penggantian biaya berobat, penggantian karena keterlambatan (delay) penerbangan, dan lain-lain. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!