Anggaran Rp14,4 Triliun Untuk Pembangunan Pariwisata Indonesia, Termasuk Borobudur

BNews-NASIONAL– Bencana non alam, pandemi covid-19 membuat sektor pariwisata di Indonesia kelabakan. Oleh karena itu, Pemerintah Pusat kucurkan anggaran untuk pembangunan pariwisata di Indonesia.

Anggaran dengan total mencapai Rp 14,4 triliun akan digelontorkan pada tahun 2021 mendatang untuk pembangunan pariwisata di Indonesia. Namun, anggaran tersebut difokuskan pada 5 destinasi wisata dari 10 Bali baru yang dicanangkan pemerintah.

Dalam pidato nota keuangan RAPBN 2021, Presiden Joko Widodo menuturkan pembangunan pariwisata tahun 2021 dianggarkan sekitar Rp14,4 triliun. Dimana yang diarahkan untuk mendorong pemulihan ekonomi di sektor pariwisata.

“Kebijakan dilakukan melalui pemulihan pariwisata, dengan pengembangan destinasi pada lima fokus kawasan Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang,” katanya (14/8/2020).

Selain itu, pada kelima destinasi tersebut pengembangannya memenuhi 3 aspek utama yakni atraksi, aksesibilitas, dan amenitas.

Dan anggaran ini juga guna meningkatkan pada faktor promosi dan partisipasi pelaku usaha swasta untuk mengembangkan wilayahnya.

“Pendekatan storynomics tourism yang mengedepankan narasi, konten kreatif, living culture, dan kekuatan budaya; serta pemanfaatan skema KPBU dalam membangun pusat-pusat hiburan, seperti theme park yang akan menyerap banyak wisatawan,” pungkasnya. (*/Lubis)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: