Baik Untuk Tubuh, Lakukan 5 Peregangan Ini Setelah Bangun Tidur

BNews—TIPS— Melakukan peregangan di pagi hari adalah cara yang sangat baik untuk memulai hari. Dengan melakukan peregangan, kamu bisa ‘membangunkan’ otot, sehingga dapat berfungsi dengan baik selama kamu beraktivitas sepanjang hari itu.

Peregangan di pagi hari juga dapat membuat kamu lebih berenergi dan meningkatkan kepercayaan diri untuk menjalani hari. Tidak perlu terlalu lama, kamu bisa melakukan peregangan kurang dari 10 menit sebelum beraktivitas.

Berikut ini peregangan yang baik untuk dilakukan di pagi hari:

Child’s Pose

Pose ini sangat baik untuk meregangkan pinggul, panggul, paha dan tulang belakang, yang semuanya bisa terasa sedikit kaku di pagi hari. Child’s pose membantu menenangkan otak dan mengurangi stres dan kelelahan, sehingga kamu merasa lebih segar untuk memulai hari.

Caranya, mulailah dengan berlutut di atas karpet yoga, lalu rapatkan jari-jari kamu dan duduklah di atas tumit, lalu pisahkan lutut selebar pinggul. Kemudian, baringkan tubuh di antara paha seperti posisi sujud.

Luruskan tangan ke bagian depan dan rasakan tulang punggung kamu meregang. Tahan pose ini selama 1-3 menit.

Cat Cow

Bila dilakukan bersama, kedua pose ini dapat meningkatkan sirkulasi cairan tulang belakang. Hal ini membantu melumasi tulang belakang, meregangkan punggung dan dada, serta memberi pijatan lembut pada organ di area perut. Semua ini baik untuk membantu tubuh lebih bugar untuk menjalani hari.

Mulailah dengan melakukan posisi merangkak seperti bayi, dan pastikan bahu kamu berada tepat di atas pergelangan tangan dan pinggul tepat di atas lutut. Sambil menarik napas, turunkan perut kamu dan biarkan punggung melengkung membentuk huruf U, serta angkat kepala sedikit ke atas ke arah langit-langit. Ini adalah pose sapi.

Lalu, sambil mengeluarkan napas, lengkungkan punggung kamu ke atas. Ini adalah pose kucing. Ulangi pose ini sebanyak 5 tarikan napas.

Peregangan Rotasi Leher

Cara sederhana untuk meregangkan leher adalah dengan memutarnya. Kamu bisa melakukan peregangan ini sambil tetap duduk di tepi tempat tidur dengan kaki menapak di lantai.

Lalu, putarlah leher kamu membentuk lingkaran penuh dan dekatkan telinga sedekat mungkin ke bahu. Putar leher secara perlahan searah jarum jam sebanyak 5 kali dan putar perlahan berlawanan arah jarum jam sebanyak 5 kali.

Peregangan Bahu

Peregangan sederhana yang satu ini dapat menjaga kesehatan dan fleksibilitas bahu. Caranya, berdirilah di samping tempat tidur, lalu rekatkan jari-jari kamu. Kemudian, angkat tangan kamu di atas kepala dengan telapak tangan ke atas.

Tarik sampai kamu merasakan tulang rusuk meregang. Tahan selama 10 hitungan dan ulangi 5 kali lagi. Bila kamu merasakan nyeri bahu saat melakukan peregangan ini, sebaiknya segera hentikan latihan.

Standing Quad Stretch

Peregangan ini bertujuan untuk meregangkan otot di paha depan kamu. Caranya, berdirilah dan pegang sesuatu yang stabil. Lalu, tekuk satu lutut ke atas dan pegang pergelangan kaki kamu dengan satu tangan. Tahan selama 15 detik dan lakukan hal yang sama pada kaki yang satunya lagi. Ulangi peregangan ini pada tiap kaki sebanyak 3 kali.

Nah, itulah peregangan yang baik untuk dilakukan di pagi hari. Biasakan untuk melakukan peregangan sederhana di atas sebelum beraktivitas. Jika kamu merasakan nyeri otot pada bagian tubuh tertentu setelah bangun tidur dan tidak kunjung hilang, segera bicarakan kepada dokter. (*)

Sumber: halodoc.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: