Begini Suasana Warga Berebut Gunungan Ketupat di Mertoyudan

            BNews–MERTOYUDAN— Syawalan di Dusun Dawung Desa Banjarnegoro Kecamatan Mertoyudan selalu dimeriahkan dengant tradisi grebeg ketupat. Siang tadi (2/7) ribuan warga memadatai lapangan dusun tersebut untuk mengikuti prosesi sekaligus memperebutkan gunungan ketupat yang disediakan.

            Acara tahunan ini selalu berlangsung meriah. Penyelenggara juga memadukan dengan gelar budaya kesenian sehingga antusiasme warga semakin tinggi.

            Ketua Panitia Gepeng Nugroho menerangkan acara ini sudah rutin dilakukan setiap tahunnya disini sejakdulunya. “Acara yang dibingkis seperti sudah kali enamnya dilakukan seperti ini dimana sebelumnya sudah menjadi tradisi tutun temurun masyarakat sini mengadakan lebaran ketupat,” katanya.

            Gunungan ketupat dengan tinggi 2,5 meter ini berisikan hadiah berupa uang dengan macam-macam nomila mulai dari 2 ribu sampai 100 ribu. Ada pula kupon ataupun vouncher hadiah atau makan gratis di warung makan milik warga.

            Dalam prosesi ini, panitia menyediakan 1300 ketupat yang disusun seperti gunung. Gunungan ini diarak keliling kampung yang sebelumnya sudah di doakan di Masjid Darusalam dusun setempat.
Ratusan warga yang sudah berkerumun menunguu kedatangan gununganitu di sebuah lapangan dusun. Acara yang dipadukan dengan budaya jawa dan gelar budaya seni ini semakin membuat masyarakat Dawung dan sekitarnya antusias.

            Begitu gunungan kupat setinggi 2,5 meter itu datang, warga langsung mendekat. Setelah diberi aba-aba mereka memperebutkan gunungan tersebut. Meriah sekali.

            ”Ketupat yang di isi hadiah ini memberikan filosofi untuk masyarakat saling berbagi, dan makna ketupa sendiri adalah untuk permohonan maaf dari sesama masyarakat dengan symbol menggrebeg gunungan ketupat ini,” imbuhnya.

”Tadi desak-desakan cuman dapat 8 ribu perak, namun saya senang dengan adat ini memperlihatkan guyup rukun masyarakatnya,” kata Karsinah,39 salah satu warga yang ikut berebutan ketupat. (bsn)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: