Berburu Tanaman Hias, Pengunjung Padati Pameran Kebon Bupati di Jogja

BNews—JOGJAKARTA— Mengoleksi tanaman hias menjadi tren masyarakat di masa pandemi Covid-19. Selain menjadi alternatif melepas stres, tanaman hias bisa mempercantik tampilan rumah dan membuat udara lebih segar.

Guna menjawab kebutuhan pecinta tanaman hias, sebuah pameran diadakan di Rumah Makan Dapur Bupati selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu (27-28/2). Pameran dengan nama ’Kebon Bupati’ menghadirkan ratusan aneka jenis tanaman hias mulai dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Owner RM Dapur Bupati, Agus Wiyanto menuturkan, Kebon Bupati merupakan pameran pertama yang digelar di Dapur Bupati. Pameran yang laksanakan di Jalan Kabupaten Nomor 131, Sleman, Jogjakarta ini berlangsung pukul 11.00-19.00WIB.

”Kami mengundang seluruh pecinta tanaman hias di Jogjakarta (dan sekitaranya). Tiket masuk gratis ditambah free voucher makan dan minum,” kata Agus, Minggu (28/2).

Ia menjelaskan, antusiasme pecinta tanaman hias cukup ramai di masa pandemi ini. Terbukti dengan acara pemeran tanaman hias Kebon Bupati di RM Dapur Bupati bisa menyedot sangat banyak pengunjung dalam waktu dua hari.

”Tenan tanaman yang diikuti 17 peserta cukup laris. Pengunjung mencapai ratusan orang lebih dalam dua hari tanpa meninggalkan protokol kesehatan (prokes) yang diwjibkan,” terangnya.

Menurut Agus, di masa pandemi sekarang ini, penerapan prokes wajib dilakukan dengan disiplin dan ketat. Mulai dari pengecekan suhu di pitu masuk, wajib menggunakan masker, mencuci tangan dan meneraplan social distancing. Apalagi pameran tersebut dikunjungi ratusan orang perharinya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Ketua Panitia Kebon Bupati, Nanda menambahkan, terdapat aneka ragam tanaman hias yang dijual. Diantaranya Philo, Aglonema, Antonium, Syngonium, Scindapsus, Kaktus, Keladi, Kalate, Cercestis Mirabilis dan masih banyak lagi.

”Harga tanaman dari Rp50 ribu sampai Rp2,5 juta. Tanaman hias menjadi hobi positif dalam masa pandemi dan juga menguntungkan, ” imbuh nanda.

Salah satu pengunjung Kebon Bupati, Hilda Lubis, mengaku harga tanaman hias yang dijajakan di tenan relatif murah. Utamanya bagi mereka yang memiliki budget lebih untuk hobi, merogoh hingga jutaan rupiah demi tanaman incaran.

”Saya beli, ya, kisaran Rp1 juta-an. Itu untuk kualitas tanaman yang memang sangat baik. Lihat langsung, memang benar, ini yang saya incar. Saya beli dan tinggal dirawat dengan baik di rumah,” ujar Hilda, salah seorang kolektor tanaman yang berhasil berburu jenis Plowmanii.

”Semoga pameran seperti ini lebih sering diadakan apalagi saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini”, imbuh warga Kulon Progo ini. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: