Berkunjung Ke Lereng Sumbing Magelang, ini Pesan Prabowo Subianto

BNews–MAGELANG– Prabowo Subianto mengajak warga Dusun Butuh, Kabupaten Magelang untuk mengembangkan peternakan sapi dan kambing.

Selain membangun pariwisata dan pertanian sayur-mayur, banyak manfaat yang akan dihasilkan nantinya. Salah satunya, kotoran ternak dapat diolah menjadi pupuk kandang.

Ini penting digalakkan mengingat Indonesia masih mengimpor bahan baku pupuk dari Rusia dan terancam akan defisit karena sedang terlibat perang dengan Ukraina.

“Kotorannya (hewan ternak) bisa pengganti pupuk karena mungkin tahun depan, pupuk akan sulit karena pupuk bahan bakunya dari Rusia. Kalau Rusia perang, enggak bisa dijual ke luar,” kata Prabowo Subianto saat berkunjung ke Dusun Butuh, Minggu (9/10/2022).

Prabowo melanjutkan, ternak sapi dan kambing juga penting dilakukan karena susu yang dihasilkan mengandung protein yang bermanfaat bagi otak; otot, dan tulang anak-anak. Selain itu, susu juga bisa dijual ke kota.

Menurutnya, kondisi di Dusun Butuh sangat layak untuk mengembangkan peternakan. Disarankan Prabowo, peternakan diperkuat dengan keberadaan koperasi.

“Kalau sendiri-sendiri, tiap rumah satu (hewan ternak), susah ngawasinnya. ngumpulin. (Kalau ramai-ramai dalam koperasi) nanti dikasih cip di telinga sapinya, jadi ketahuan ini punya siapa. Kalau punya anak, nanti dikasih ke yang belum punya sampai semua warga punya sapi,” tuturnya.

“Harus dikelola secara kelompok, sehingga dokter hewan bisa cek seminggu sekali supaya jangan ada penyakit,” ucapnya. (*)

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: