IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Brrr….di Ngablak Suhu Malam Hari Capai 8 Derajat

BNews—NGABLAK—Suhu dingin di daerah pegunungan Kabupaten Magelang makin terasa pada hari-hari belakangan. Di Kecamatan Ngablak misalnya, suhu mencapai 80 C tadi malam (20/6).

“Tadi malam saya cek di aplikasi pengukur suhu dinginnya mencapai 80 celcius,” kata Ardhi Wongso, warga Ngablak.

Menurutnya, suhu udara memang dirasa sangat dingin belakangan ini. Saat pagi hari suhu masih bertahan di 100 C. “Akhir akhir ini memang dingin sekali,” papar dia.

Kondisi ini sudah terjadi sejak tiga hari terakhir. “Kalau malam aktivitas warga jadi berkurang. Banyak yang didalam rumah,” papar dia.

Loading...

Di kecamatan Grabag suhu udara di malam hari juga cukup dingin. “Sekitar 100 C, tadi malam,” kata Hartano, kepada borobudurnews.com.

Dilansir dari situs resmi BMKG, ernyata, hal ini dipengaruhi oleh Monsoon Dingin Australia. Monsoon Dingin Australia ini diperkirakan berlangsung dari Juni hingga puncak musim kemarau September mendatang. Suhu udara yang dingin ini dipengaruhi adanya periode musim dingin di benua Australia yang berada di tekanan udara yang cukup tinggi.

Hal itu membuat terbentuknya antisiklon di daerah tersebut serta massa udara yang bersifat dingin dan kering. Sedangkan, wilayah Asia sendiri mengalami musim panas dan terdapat daerah tekanan rendah sehingga terbentuk siklon.

“Aliran massa udara di wilayah Indonesia didominasi angin timuran yaitu massa udara berasal dari Benua Australia,” dilansir dari laman BMKG. (bn1/bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: