Cegah Covid-19, Tim Gabungan Gelar Penertiban Protokol Kesehatan di Pasar Beteng Salaman

BNews—SALAMAN—Beberapa hari lalu kasus Covid-19 di daerah Salaman meningkat hingga membuat resah warga desa Menoreh, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Pada Selasa (22/9/2020) terdapat 22 warga Salaman yang terkonfirmasi positif.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Desa Menoreh, relawan LPBD Menoreh, Bhabinkamtibmas, Babinsa, BUMDes pengelola pasar Beteng., melakukan penertiban protokol kesehatan di Pasar Beteng, hari ini (24/9/2020). Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di pusat-pusat keramaian.

”Tujuan kegiatan ini untuk menertibkan pedagang dan pengunjung di Pasar Beteng terkait protokol kesehatan. Diketahui bahwa Desa Menoreh ini bertetangga dengan desa-desa yang terdapat kasus Covid-19,” kata Ketua Relawan LPBD Menoreh Arman Abdul Rahman, hari ini(24/9/2020).

Dia mejelaskan bahwa kegiatan ini untuk meminimalisir penyebaran virus corona terutama di masyarakat maupun pedagang yang ada di Pasar Beteng. Diketahui bahwa ada beberapa pedagang yang berasal dari luar desa Menoreh.

”Kami menertibkan protokol kesehatan baik bagi pedagang maupun pengunjung pasar. Seperti penertiban penggunaan masker, disiplin mencuci tangan, jaga jarak antar individu. Ada pula pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan,” jelas dia.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Menoreh Aiptu Mukhlis menjelaskan bahwa kegiatan ini juga untuk mengingatkan kembali pentingnya protokol kesehatan. ”Kami memberikan teguran bagi warga yang melanggar agar kedepannya dapat tertib protokol. Selain itu juga memberikan masker kepada warga yang tidak menggunakan,” jelas dia.

Loading...

Senada dengan Aiptu Mukhlis, Bhabinsa Desa Menoreh Serka Syamsul menambahkan bahwa giat ini untuk menertibkan pengunjung terkait protokol kesehatan. Juga sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

”Diketahui bahwa di Kecamatan Salaman itu naik (kasus positif Covid-19) nambah 22 orang kemarin itu (22/9/2020). Jadi (warga) disiplinkan lagi. Sehingga memberikan kesadaran bagi warga atau pengunjung agar lebih disiplin untuk memakai masker maupun cuci tangan,” ujar dia.

Tambah Arman, kegiatan ini diikuti oleh 10 Relawan LPBD Menoreh yang terbagi dalam 2 kelompok. Nantinya mereka akan melaksanakan piket secara bergantian setiap harinya. Kegiatan penertiban protokol kesehatan ini direncakan akan digelar selama satu minggu.

”Diharapkan agar para pedagang dan pengunjung akan terbiasa memakai masker. Kami berharap dengan langkah ini penyebaran virus corona diwilayah Salaman akan terputus,” pungkasnya. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: