Daftar Kartu Pra Kerja Ternyata Harus Lewati Dua Kali Tes

BNews–NASIONAL– Catatan penting bagi pembuat kartu pra kerja yang banyak belum diketahui. Yakni mereka hari harus mengikuti Tes Motivasi dan Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Jadi tidak sembarangan dapat memperoleh Kartu Pra Kerja dengan mudah. Namun tidak perlu khawatir, gagal bisa diulang kembali.

Kedua tes ini berguna untuk mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki. Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar berdurasi maksimal 25 menit dengan total 18-19 soal.

Penggunaan alat tulis seperti kertas, pensil atau pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal. Setelah melakukan tes, hasil akan langsung dievaluasi.

Sekitar 5 menit hasilnya sudah bisa keluar, namun jika lebih dari 5 menit tidak ada perubahan, klik tombol refresh. Jika dinyatakan gagal, peserta bisa melakukan tes ulang di batch selanjutnya.

Pendaftar tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang untuk bisa memilih batch berikutnya/batch lainnya. Jadi calon pendaftar tidak perlu khawatir jika gagal.

Calon pendaftar ini akan menemukan soal tersebut di tahapan ketiga setelah mengisi nomor handphone dan memverifikasi dengan kode OTP yang di sms. Selanjutnya kalian akan dijelaskan sebelum pengerjaan dan mengenai tes. Dan dibawahnya ada tombol mulai tes.

Tes seleksi tersebut yakni :

– Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit. Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu.

– Tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes.

– Setelah mendapatkan email pemberitahuan, kembali ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran.

– Setelah melewati tahapan cara membuat kartu Prakerja tersebut, peserta tinggal menunggu notifikasi apakah diterima atau tidak sebagai peserta Kartu Prakerja 2020.

Pilih pelatihan

Pastikan Anda mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang dipilih. Anda dapat memilih Pelatihan yang disyaratkan Industri maupun memilih pelatihan dari layanan SISNAKER.

Kemudian, bayar menggunakan saldo Kartu Pra Kerja untuk online maupun offline. Pembayaran ini tidak menggunakan uang pribadi, karena uang tersebut adalah uang pemerintah yang sudah dikirim ke saldo kartu pra kerja anda.

Selanjutnya, anda akan mendapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga. Sertifikat dapat digunakan sebagai nilai tambah anda di pasar tenaga kerja.

Setelah anda menyelesaikan pelatihan, anda akan melakukan 2 langkah untuk mendapatkan insentif bulanan. Yakni dengan memberikan ulasan dan rating di www.prakerja.go.id

Adapun jika calon pendaftar mengalami kendala saat mendaftar kartu Pra Kerja, bisa menghubungi nomor Kartu Pra Kerja atau. Atau memantau informasi terkini lewat media sosial @prakerja.go.id.

Berdasarkan Instagram resmi @prakerja.go.id , diinfokan kepada pendaftar jika mengalami gangguan akses www.prakerja.go.id bisa melakukan panggilan telepon. “Jika mengalami gangguan teknis saat prosesnya, bisa menghubungi nomor layanan masyarakat Kartu Pra Kerja 021-25541246.

Layanan telepon tersedia pada Senin hingga Jumat di jam 08.00 hingga 19.00 WIB,” tulis @prakerja.go.id di Instagram. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: