Demi Sekolah, Gadis Ini Bersepeda 11 Km Tegalrejo-Magelang

BNews—MAGELANG— Semangatnya untuk belajar tak surut meski hidup serba terbatas. Mila Sofika Choir, 16, warga Tegalrejo ini tiap harinya pergi ke sekolah dengan menaiki sepeda butut.

Bukan karena gaya hidup, tapi keterbatasan. Dia tak ingin membebani orang tuanya dengan naik angkot atau naik sepeda motor.

Advertisements


Ayahnya yang hanya berprofesi sebagai tukang tambal ban tentu memiliki keterbatasan. Sedangkan ibunya hanya seorang seles plastik.


“Saya tak mau membebani lagi orang tua. Saya pilih naik sepeda pulang pergi,” kata Mila.

Setiap hari dia menempuh jarak 11 kilometer untuk pulang pergi. Dia bersekolah di SMA N 1 Magelang.

Dia membutuhkan waktu sekitar 20 menit setiap pagi. Naik sepeda merupakan satu-satunya cara untuk tetap bisa sekolah. Kadang dia sering pulang sampai malam jika harus ada kegiatan tambahan di sekolah.

Perjalanan yang cukup jauh itupun tak pernah membuat Mila mengeluh. Bersepeda saat hujan dan terik matahari sudah menjadi bagian dari hidupnya sehari-hari demi mendapatkan bekal ilmu.

“Kehujanan pernah, yang penting buku pelajaran jangan sampai basah. kalau capek ya capek tapi kan di rumah bisa istirahat,” ucapnya.

Kondisi ini membuat Komunitas Magelang Bersepeda peduli dengan kesulitannya. Mereka pun memberikan hadiah kepada Mila berupa sepeda yang baru. Juga bagus.

Dilengkapi berbagai alat kebutuhan bersepeda. Seperti lampu. Supaya tidak kesulitan saat berjalan di malam hari.

Yoga, salah satu anggota Magelang Bersepeda mengaku kagum dengan semangat Mila. Semangat ini, menurutnya yang perlu ditularkan ke banyak orang. Ditengah keterbatasannya dia tetap berkeinginan kuat meneruskan pendidikannya.

Pihaknya juga berharap dengan bantuan ini, semakin banyak orang yang terinspirasi untuk bersepeda. Sehingga gerakan bersepeda semakin banyak ditiru orang. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: