Desa di Kajoran Alokasikan Anggaran Tempat Cuci Tangan Kepada Seluruh Warga

BNews–KAJORAN– Ratusan tempat cuci tangan di bagikan kepada warga Desa Pandanretno Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang (1/4/2020). Sebanyak 550 ember cuci tangan dibagikan kepada seluruh Kepala Keluarga di desa tersebut.

Kepala Desa Pandanretno, Alwiyah mengatakan maksud program tersebut sebagai wujud dukungan desa untuk penanggulangan virus corona (Covid-19). “Khususnya untuk wilayah kami di Desa Pandanretno. Dan kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat,” katanya.

Desa Pandanretno sendiri diketahui terdapat Enam Dusun dengan 558 Kepala Keluarga (KK). “Nanti tempat cuci tangan ini kami berikan ke setiap KK yang kami prioritaskan belum mempunyai. Dan tempat ini akan diletakkan di masing-masing depan rumah warga,” imbuhnya.

Pembagian tempat cuci tangan tersebut, langsung diserahkan oleh Kepala Desa Pandanretno kepada perwakilan masyarakat. Disaksikan oleh BPD, Perangkat Desa dan Satgas Covid-19 Pandanretno. “Perlu diketahui pengadaan tempat cuci tangan ini kita ambilkan dari Anggaran Dana Desa Bidang Kesehatan. Jadi kita ada alokasi khusus untuk kesehatan masyarakat,” paparnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Alwiyah juga berharap pembagian ini bisa mewujudkan masyarakat Pandanretno yang sehat, bebas penyakit. “Khususnya terhindardari wabah yang sedang melanda kawasan Indonesia ini, yakni Virus Corona (Covid-19),” harapnya.

Dia mengatakan di Desa Pandanretno juga mendirikan posko penanggulangan covid-19. Hal ini untuk mendata warga asing yang bertamu ataupun penduduk desa yang mudik.

Loading...

“Nanti mereka diberikan edukasi kebersihan diri dan isolasi mandiri selama 14 harir sepulang dari luar daerah,” ujarnya.

“Sejauh ini di Desa Pandanretno tercatat sebanyak 27 warganya mudik dari luar kota. Mereka dalam kondisi sehat dan sudah melakukan isolasi mandiri. Sedangkan untuk ODP tercatat 1 orang masih dalam isolasi juga,” tambahnya.

Selain tempat cuci tangan, Pihak Desa Pandanretno juga membagikan 110 buah jamban dan 330 buah cincin buis untuk jambanisasi. “Kita berikan ini kepada warga yang belum memiliki toilet sendiri. Karena pentingnya kesehatan juga dimulai dari diri sendiri, “ terangnya.

Terakhir Alwiyah menghimbau masyarakatnya untuk menatati peraturan pemerintah. “Jaga kesehatan diri dan lingkungan sekitar. Jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: