EKSTREM!!! Pizza Dengan Toping Belalang Laku Keras Di Jogja

BNews—JOGJAKARTA— Urusan kuliner di Indonesia ini tidak berhenti dengan munculnya inovasi-inovasi baru. Seperti salah satu inovasi kuliner baru yang berada Kabupaten Gunungkidul yang terkenal dengan kuliner ekstremnya kembali.

Dimana saat ini muncul olahan baru yakni pizza belalang. Bisa dibayangkan rasa dan uniknya kuliner satu ini?

Dilansir dari Food Detik, pemrakarsa kuliner Pizaa Belalang tersebut adalah Adalah Sudarmadi Widodo, warga Gunungkidul. Ia adalah seorang penjual pizza yang memiliki ide untuk membuat varian baru yakni pizza dengan topping belalang.

Dia mengungkapkan, ide membuat pizza unik ini berawal dari keinginannya memanfaatkan bahan lokal untuk bisa dibuat makanan internasional. Dan ia membuka usahnaya di daerah Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul.

”Saya ingin memanfaatkan potensi lokal pada menu-menu pizza di tempat saya. Karena, sapi dan ayam sudah maka sekarang coba pakai belalang,” katanya, Sabtu (6/2/2021).

DPD PKS Magelang Ramadhan

Terlebih, selama beberapa bulan memulai usaha di tengah pandemi Covid-19 ini masyarakat Gunungkidul mulai menyukai pizza. Terlebih jika menunya memanfaatkan potensi lokal seperti daging sapi, daging ayam hingga belalang.

Apalagi, selama ini banyak orang menganggap pizza makanan mahal dan tidak bisa dikreasikan dengan makanan lokal. Padahal dengan sedikit modifikasi, makanan lokal pun bisa dipadukan dengan panganan dari luar negeri.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

”Jadi belalang tidak hanya belalang goreng, bisa juga pizza belalang. Ya, biar ada variasi saja karena kan, setiap orang memiliki cara berbeda untuk menikmati bahan makanan,” ujarnya.

Menyoal teknis pembuatan, Sudarmadi mengaku pembuatannya sama seperti membuat pizza pada umumnya. Di mana tahap pertama setelah menyiapkan adonan roti, lalu memasukkan toping seperti paprika, olahan daging sapi, lalu belalang goreng dipotong kecil dan terakhir keju.

”Setelah itu dimasukkan ke dalam oven selama kurang lebih sepuluh menit dan pizza belalang pun siap dihidangkan. Jadi untuk toping belalangnya itu belalang goreng,” katanya.

Dia mengaku pizza toping belalang ini ternyata disukai oleh pengunjung warung Pizza Qyu yang terletak di sekitar Bundaran Siyono, Kapanewon Playen. Kendati demikian, dia mengaku hanya menyajikan pizza belalang sesuai pesanan saja.

”Pizza belalang ini tidak setiap hari ada, sistemnya pembeli bisa memesan sehari sebelumnya karena belalangnya harus dipersiapkan dulu agar tidak gosong saat dioven,” ucapnya.

”Selanjutnya untuk pizza belalang ukuran kecil dibanderol mulai harga Rp35 ribu,” pungkasnya. (bsn/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: