Hari Ini, Sejumlah Warga di Dukun Magelang Mulai Dievakuasi

BNews–DUKUN– Sejumlah warga lereng Gunung Merapi wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang akan diungsikan. Mereka yang termasuk kelompok rentan yakni Lansia, ibu hamil, anak-anak dan difabel.

Rencana untuk proses pemindahan sejumlah warga akan dilakukan Jumat 6 November 2020. Mereka yang berada di Desa Paten, Krinjing dan Ngargomulyo Kecamatan Dukun.

Kesepakatan tersebut setelah dilakukan rapat koordinasi oleh jajaran terkait BPBD Kabupaten Magelang, Kepala Satpol PP Kabupaten Magelang, Forkompincam Dukun dan Kepala Desa masing-masing Kamis sore (5/11/2020). Rapat tersebut berlokasi di Kantor Kecamatan Dukun, Balai Desa Paten, Krinjing dan Ngargomulyo.

“Untuk Desa Paten kelompok rentan yang akan diungsikan yakni Dusun Babadan 1 dan Babadan 2 yang berlokasi 5 km dari puncak merapi. Untuk kendaraan evakuasi informasinya akan disiapkan oleh pihak Desa,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto.

Untuk Dusun Babadan 1 rencana akan dievakuasi di Desa Bersaudara di Desa Banyurojo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Sedangkan Dusun Babadan 2 akan di Desa Mertoyudan Kecamaatan dan Kabupaten sama.

“Jumlah penduduk kedua dusun tersebut 1163 orang. Dan yang akan dievakusi adalah kelompok rentan diantaranya Ibu hamil 5 orang, Bayi 5 orang, Balita 28 orang. Serta Lansia di Babadan Dua ada 65 orang dan Babadan Satu 89 orang,” imbuhnya.

Sementara untuk Desa Krinjing terdapat kelompok rentan di 3 dusun yang berjarak 6 km dengan puncak Gunung Merapi. Yakni Dusun Trayem, Pugeran dan Trono yang akan diungsikan Desa Deyangan Mertoyudan.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Untuk jumlah penduduk ketiga dusun 754 orang untuk jumlah kelompok rentan ibu hamil 6 orang, balita 51orang, bayi 8 orang, ibu menyusui 12 orang; Lansia 54 orang, difabel 11 orang, dan sakit 6 orang,” ungkap Kepala Desa Krinjing Ismail saat dihubungi Borobudurnews.com.

Untuk Desa Ngargomulyo sendiri juga berasal dari tiga dusun. Yakni Dusun Karanganyar, Gemer,  dan Batur Ngisor. Dan hasil pertemuan untuk kelompok rentan akan dievakuasi atau diungsikan menuju ke sister village Desa Tamanagung Kecamatan Muntilan

Dalam rapat tersebut, pihak Forkompincam akan menyakinkan dan memberi sosialisasi kepada kelompok rentan agar bersedia mengungsi.  Serta akan melakukan pendataan ulang sambil memastikan data sebelumnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: