Jangan Dibiarkan Berlarut-larut, Ini 5 Tips Mengatasi Rasa Kesepian

BNews—KESEHATAN— Rasa kesepian yang dibiarkan berlarut-larut bisa memicu berbagai gangguan kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Gangguan mental yang mungkin terjadi akibat kesepian adalah stres, gangguan tidur, depresi, hingga keinginan untuk bunuh diri.

Sedangkan dampak untuk kesehatan fisik seperti meningkatnya tekanan darah, melemahnya daya tahan tubuh, hingga penyakit kardiovaskular termasuk stroke.

Rasa kesepian umumnya hanya perasaan sesaat yang mungkin saja hadir ketika Anda merasa depresi, kehilangan orang yang dicintai, berpisah dengan pasangan, maupun sedang beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Meskipun hanya bersifat sementara, kesepian tetap menyebabkan perasaan tidak menyenangkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan berbagai cara mengusir kesepian sebagai berikut:

1. Melakukan berbagai aktivitas rutin

Rasa kesepian akan terus Anda rasakan jika hanya berdiam diri dan meratapi keadaan. Untuk itu, cobalah menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas yang membantu mengusir perasaan yang tidak nyaman ini. Aktivitas sederhana, seperti jalan pagi, menulis jurnal, dan olahraga ringan, dapat Anda lakukan sebagai cara mengusir kesepian.

2. Bergabung dengan komunitas baru

Jangan ragu untuk bergabung ke dalam berbagai kelompok dengan minat atau aktivitas tertentu yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Dengan mengikuti komunitas tertentu, Anda bisa belajar hal baru dan melakukan aktivitas sosial untuk membantu mengatasi kesepian yang dialami. Sebagai bonusnya, Anda juga akan mendapatkan teman baru.

3. Melakukan meditasi

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan meditasi dengan rutin dapat mengurangi rasa kesepian dan memberikan ketenangan batin. Cara mengusir kesepian ini dapat membantu memperkuat ikatan dengan diri sendiri, sehingga Anda akan lebih menghargai diri dan membantu meredakan perasaan kesepian.

4. Memelihara hewan

Salah satu langkah paling efektif sebagai cara mengusir kesepian adalah dengan memelihara hewan. Anda bisa memelihara hewan-hewan ini dapat berinteraksi dengan manusia, seperti kucing, anjing, atau burung. Memelihara hewan juga dapat mengurangi kesepian dengan memberikan dukungan sosial dan persahabatan kepada Anda.

5. Menjaga hubungan dengan support system

Cara mengusir kesepian lainnya adalah dengan mendapatkan dukungan dari support system atau orang-orang terdekat, seperti keluarga, pasangan, atau teman. Berbagi keluh kesah dan perasaan dengan support system akan membantu Anda berdamai dengan kesepian dan menyingkirkannya.

Jika Anda tidak bisa bertemu secara langsung, lakukan obrolan video secara online saat merasa kesepian. Dengan begitu, Anda tetap bisa menjalin hubungan dengan orang terdekat dan kesepian pun akan teratasi.

Setiap orang tentu pernah mengalami kesepian. Meskipun merupakan hal yang lumrah, Anda sebaiknya tidak terlalu larut dalam kesepian. Sebab, terlalu lama tenggelam dalam kesepian justru bisa meningkatkan risiko terjadinya kesedihan mendalam yang dapat berujung sebagai depresi.

Jika berbagai cara mengusir kesepian di atas masih tidak mampu mengatasi kesepian yang Anda alami, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional dari psikiater. (*)

Sumber: alodokter.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!