Jelang Akhir Tahun, Polres Magelang Kota Musnahkan Ratusan Botol Miras dan 53 Knalpot Jambrong

BNews—MAGELANG—Polres Magelang Kota melakukan pemusnahan Barang Bukti (BB) minuman keras (miras) dan knalpot jambrong. Sejumlah BB merupakan hasil kegiatan Operasi Pekat dan Operasi Zebra tahun 2020.

Diketahui bahwa jumlah miras yang di musnahkan yakni  63 botol ciu 600 mililiter, 363 botol anggur merah, 4 botol anggur kolesom, 12 botol bir singaraja, 2 jerigen ciu 30 liter dan 53 buah knalpot jambrong.  Acara dilaksanakan di halaman apartemen Musvia, Kota Magelang, pada Selasa (29/12/2020) pagi.

”Pemusnahan ini hasil operasi pekat yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap dan operasi zebra candi 2020 tingkat Polres Magelang Kota,” kata Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setyawan, usai acara pemusnahan BB, Selasa (29/12/2020).

Dia menjelaskan miras yang berhasil diamankan tersebut berasal dari beberapa wilayah di Kota Magelang. Kendati demikian, miras ini tidak diproduksi sendiri melainkan didapat dari luar wilayah Kota Magelang.

”Dalam satu tahun ini ada 8 perkara dan semuanya diproses hingga pengadilan. Ada yang kena denda Rp 5 Juta, Rp 20 juta dan kurungan tiga bulan. Sementara ini putusan paling besar Rp 20 juta ya, keputusan ada di pengadilan,” jelas dia.

Lebih lanjut, Nugroho mengungkapkan miras tersebut didapat dari warga yang konsumsi dan pedagang. ”Ada konsumsi ada yang dijual, tapi kebanyakan dijual dengan di kantongi plastik kecil-kecil. Ciu terutamanya ya,” ujarnya.

Terkait pencegahan, kata Nugroho, pihaknya melakukan pendataan siapa saja pengguna di wilayah hukum Polres Magelang Kota dan dimana saja lokasi untuk minumnya. Kemudian lokasi untuk mendapatkan miras tersebut.

”Dengan kita mengetahui data tersebut maka langkah selanjutnya yakni sambang Kamtibmas untuk memberikan sosialisasi. Selanjutnya patroli penindakan oleh Sat Sabhara melakukan tipiring baik tingkat polsek maupun polres,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: