Seniman dan Budayawan Gelar Performance Art di Candi Borobudur

BNews—BOROBUDUR—Acara performance art digelar di komplek Candi Borobudur, hari ini (18/7/2020). Acara tersebut di gelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

Acara terlihat sederhana namun syarat nilai seni budaya seperti penampilan dari berbagai kesenian. Dengan menggunakan alat-alat peraga tradisional dan musik gamelan yang harmoni melantunkan gending Jawa.

Ketua Komunitas Seniman Borobudur Indonesia (KSBI) 15, Umar Chusaeni menuturkan penyelenggaraan acara itu untuk menyambut era kebiasaan baru. Serta sebagai geliat budaya khususnya di Magelang.

”Apalagi Borobudur sebagai pusat seni budaya. Sehingga harus ada semangat kebersamaan, gotong royong dan jangan menyerah dalam melestarikan seni budaya,” kata dia, hari ini (18/7/2020).

Dia menjelaskan, acara performance art ini banyak mengandung pesan bagi setiap orang. Seperti seseorang untuk bisa pasrah dan melakukan hal yang diperintahkan Tuhan, serta jangan lupa untuk sabar dan bersyukur.

”Selain itu juga, mengenai hidup yang serba tidak menentu dan penuh kegelisahan, agar tetap yakin esok ada harapan,” jelasnya.

Tambah Umar, acara tersebut melibatkan berbagai tokoh kesenian seperti pelaku dan pelestari seni budaya tradisional bernama Mbah Coro. Kemudian  Abbet Nugroho sebagai pemusik tradisional maupun modern dan pelaku seni rupa lainnya.

Loading...

Dia pun berharap, pesan yang terkandung dalam penyelenggaraan acara tersebut dapat tersampaikan kepada penonton. Serta dapat meningkatkan minat masyarakat dalam melestarikan seni budaya.

”Mari jalani hidup dengan bahagia, semua sudah ada yang mengatur,” pungkasnya. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: