Kesal Rambut Rontok? Konsumsi 6 Bahan Makanan Ini Untuk Mencegahnya

BNews—TIPS— Rambut rontok yang berlebihan menjadi salah satu masalah yang harus segera di atasi. Bila tak dirawat, hal ini bisa mengarah ke kebotakan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok, mulai dari kekurangan protein, vitamin D, atau nutrisi lainnya, adanya ketombe maupun stres. Tetapi apa yang Anda makan adalah salah satu dari sedikit hal yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol penampilan rambut Anda.

Dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi yang terbukti secara ilmiah, dapat membantu rambut Anda dan menghindari makanan yang hanya membahayakan Anda dapat memengaruhi ketebalan rambut, pertumbuhan atau kerontokannya, seberapa berkilau, dan bahkan kemungkinan rambut beruban.

Berikut daftar makanan untuk cegah rambut rontok dan mendukung pertumbuhan sehatnya, dihimpun dari Merdeka.com.

Telur

Makanan untuk cegah rambut rontok yang pertama adalah telur. Telur adalah sumber protein dan biotin yang bagus, dua nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Makan protein yang cukup penting untuk pertumbuhan rambut karena folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein. Kekurangan protein dalam makanan terbukti meningkatkan kerontokan rambut dilansir dari laman Healthline.

Biotin sangat penting untuk produksi protein rambut yang disebut keratin, itulah sebabnya suplemen biotin sering dipasarkan untuk pertumbuhan rambut. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak biotin dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang yang kekurangan biotin.

Namun, kekurangan biotin jarang terjadi jika Anda mengonsumsi makanan seimbang. Ada sedikit bukti yang menunjukkan orang sehat mendapat manfaat dari mengonsumsi lebih banyak biotin.

Telur juga merupakan sumber seng, selenium, dan nutrisi sehat rambut lainnya. Ini menjadikannya salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi untuk kesehatan rambut yang optimal.

Bayam

Makanan untuk cegah rambut rontok berikutnya yaitu bayam. Bayam adalah sayuran hijau sehat yang sarat dengan nutrisi bermanfaat seperti folat, zat besi, dan vitamin A dan C, yang semuanya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Vitamin A membantu kelenjar kulit menghasilkan sebum. Zat berminyak ini membantu melembabkan kulit kepala agar rambut tetap sehat.

Bayam juga merupakan sumber zat besi nabati yang bagus, yang penting untuk pertumbuhan rambut. Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk memicu metabolisme dan membantu pertumbuhan dan perbaikan.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, herring, dan mackerel memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan makanan untuk cegah rambut rontok.

Mereka adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, yang telah dikaitkan dengan pertumbuhan rambut.

Sebuah penelitian pada 120 wanita menemukan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 serta antioksidan dapat mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan kepadatan rambut.

Studi lain menemukan bahwa mengonsumsi suplemen minyak ikan secara signifikan mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut pada wanita dengan rambut menipis.

Namun, hanya ada sedikit penelitian tentang asam lemak omega-3 dan pertumbuhan rambut. Diperlukan lebih banyak penelitian sebelum pakar kesehatan dapat membuat rekomendasi apa pun.

Ikan berlemak juga merupakan sumber protein, selenium, vitamin D3 dan vitamin B, nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut.

Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber beta-karoten yang bagus dan merupakan makanan untuk cegah rambut rontok. Tubuh mengubah senyawa ini menjadi vitamin A, yang terkait dengan kesehatan rambut yang baik.

Satu ubi jalar (sekitar 114 gram) mengandung cukup beta-karoten untuk memberikan lebih dari empat kali sehari kebutuhan vitamin A Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin A meningkatkan produksi sebum, yang membantu menjaga kesehatan rambut.

Terlebih lagi, vitamin A juga bisa mempercepat laju pertumbuhan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut yang lebih tebal, sekaligus mencegah folikel rambut lainnya mundur.

Alpukat

Alpukat lezat, bergizi, dan merupakan sumber lemak yang sehat dan menjadi makanan untuk cegah rambut rontok.

Buah alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang sangat baik, yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Satu buah alpukat ukuran sedang (sekitar 200 gram) menyediakan 21% dari kebutuhan vitamin E harian Anda.

Seperti vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang membantu memperbaiki stres oksidatif dengan menetralkan radikal bebas.

Dalam sebuah penelitian , orang dengan rambut rontok mengalami pertumbuhan rambut 34,5% lebih banyak setelah mengonsumsi suplemen vitamin E selama delapan bulan.

Vitamin E juga melindungi kulit, seperti kulit kepala, dari stres oksidatif dan kerusakan. Kulit kepala yang rusak dapat menyebabkan kualitas rambut yang buruk dan folikel rambut yang lebih sedikit.

Terlebih lagi,  alpukat  adalah sumber asam lemak esensial. Lemak ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh, tetapi merupakan bahan pembangun penting dari sel Anda. Kekurangan asam lemak esensial tidak datang dengan kerontokan rambut .

Kacang

Kacang itu enak, nyaman, dan mengandung berbagai nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Misalnya, satu ons (28 gram) almond menyediakan 37% kebutuhan vitamin E harian Anda yang mengesankan.

Terlebih lagi, mereka juga menyediakan berbagai macam vitamin B, seng, dan asam lemak esensial. Kekurangan salah satu nutrisi ini telah disediakan dengan kerontokan rambut . (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: