Keseruan Warga Pasuruhan Mertoyudan Rayakan HUT RI ke 74 Bersama Desa Bahasa

BNews—MERTOYUDAN—Warga lintas generasi di Dusun Jagan Wetan, Desa Pasuruhan, Kecamatan Mertoyudan merayakan hari Kemerdekaan Indonesia dengan meriah, tadi malam (18/8). Selain lomba tumpeng, pentas dancer anak-anak, permainan tradisional dan aksi sulap, mereka juga belajar angklung hingga bahasa Inggris.

Kegiatan diawali dengan mengarak sejumlah tumpeng oleh ibu-ibu hingga anak-anak dari jalan menuju pelataran Masjid Miftahul Huda. Delapan tumpeng dari empat RT di Dusun Jagan Wetan ini memiliki filosofi kekuatan gotong royong yang masih lestari.

Advertisements


Kepala Desa Pasuruan Atik Hartiningsih dalam sambutan menuturkan, momen peringatan HUT RI ke-74 seyogyanya dimaknai dengan refleksi, perenungan dan introspeksi diri. Mengisi kemerdekaan yang sejalan visi Desa Pasuruan ’Hadir lebih dekat melayani masyarakat serta menuju Desa Pasuruan yang bermartabat dan menjunjung nilai tinggi nilai norma dalam masyarakat’.


”Merdeka itu masyarakat yang berbudaya. Merdeka itu masyarakat yang sehat. Medeka itu masyarakat yang sehat. Merdeka itu masyarakat yang cerdas. Merdeka itu masyarakat yang sejahtera. Dan merdeka itu masyarakat maju dan demokratis,” tutur Atik.

Ketua panitia kegiatan, Muhammad Syaifudin Qodri mengatakan, sengaja memperingati hari kemerdekaan dengan cara kilas balik masa lampau. Mulai dari memutar ulang rekaman pembacaan teks proklamasi oleh Soekarno, dolanan tradisional cublak-cublak suweng hingga demonstrasi bermain angklung secara massal.

”Angklung kan alat musik dari Jawa Barat dan mulai anak-anak hingga orang tua serentak menyatukan nada lagu Suwe Ora Jamu dari Jawa Tengah. Bahwa dengan angklung, rasa persatuan dan kesatuan bisa dikobarkan lagi, ucap Udin.

Seluruh peserta juga berkesempatan mendapat motivasi hidup dan materi tenses Bahasa Inggris yang menyenangkan oleh Pendiri Desa Bahasa Borobudur, Hani Sutrisno.

”Orang kalau ingin sukses harus semangat. Ceria, ucap Hani dihadapan ratusan warga Dusun Jagan Wetan, Desa Pasuruhan. (han/wan)

1 Comment
  1. Firman says

    Mantab

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: