Kunjungi Desa Wisata Terbaik di Magelang, Ini yang Dilakukan Menteri Koperasi UKM

BNews—BOROBUDUR— Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengunjungi kawasan Desa Wisata terbaik di Kabupaten Magelang. Desa wisata tersebut adalah Desa Candirejo di Kecamatan Borobudur.

Teten yang didampingi Staf Khusus Presiden, Putri Tanjung mengaku sangat bangga dengan koperasi desa candirejo yang cukup kuat menopang perekonomian warga. Koperasi desa candirejo memiliki omset miliaran tiap tahunnya dari kegiatan pariwisata.

“Usahakan para turis mancanegara mau tidur, makan dirumah penduduk dan bahan bakunya juga dari daerah sekitar. Selain itu, pengelola desa wisata harus bisa mengikuti selera tamu.Tontonannya juga harus sesuai keinginan turis,” tutur Teten.

Untuk mendukung semua itu, Menkop dan UKM berjanji akan bikin kelas cooking supaya standar higienitas dan rasanya sesuai selera wisatawan. “Kami bikinkan satu paket sekaligus. Karena ini tempat wisata super prioritas, maka semua harus dibuat menarik,” ujar Teten.

“Kita harus pikirkan bagaimana caranya para turis semakin banyak yang mengunjungi Borobudur dan bisa tinggal lebih lama di Candirejo,” imbuh Teten.

Staf Khusus Presiden, Putri Tanjung menambahkan, wisatawan sangat tergantung dari experience. Oleh karena itu pengelola desa wisata harus bisa mengelolanya dengan menarik.

Dia berjanji akan membantu komunitas anak muda di kawasan Borobudur untuk membuatkan website dan cara mengelola media sosialnya. “Kalau Candirejo sudah punya website, maka akan berkembang lebih cepat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Desa Wisata Candirejo, Tatak mengatakan, jumlah wisatawan yang datang ke kawasan ini sekitar 8.000 setiap tahunnya. “Pendapatan yang kami peroleh rata-rata Rp1 miliar,” katanya.

Ia menyebutkan, pihaknya mengelola rafting, kesenian tradisional, catering, homstay, batik dan sepeda ontel. “Kami menjual paket wisata dengan tarif 15 dolar AS per 2 jam. Mereka kami bawa putar-putar kampung naik delman,” tutur Tatak.  (her/wan)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: