Kuota Haji 2020 Hanya 10 Ribu Orang

BNews—NASIONAL— Ibadah haji 2020/1441H akhirnya resmi dilaksanakan meski dengan kuota terbatas. Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqafi menyampaikan kabar jika kuota haji 2020 hanya sekitar sepuluh ribu orang.

”Dari sepuluh ribu kuota haji tahun ini, sepertiganya untuk warga negara Saudi dan sisanya untuk ekspatriat,” kata Essam bin Abed belum lama ini, (26/6).

Kuota haji untuk ekspatriat yang tinggal di Saudi, termasuk Indonesia sekitar dua pertiga dari total kuota. Jika total kuota 10 ribu, maka ekspatriat asal Indonesia dan negara lain harus berbagi sekitar 13 ribu kuota.

Essam menerangkan, pembatasan hanya 10 ribu kuota bertujuan menjaga keselamatan jemaah haji. Jumlah terbatas memudahkan pengendalian jika ada kejadian yang tidak diinginkan di tengah pandemi covid-19

”Bagi jemaah yang diizinkan berhaji, harus tunduk pada protokol kesehatan yang sangat ketat. Akan dilakukan tindakan preventif juga untuk mencegah covid,” terang Essam.

Pandemi covid terjadi dihampir seluruh negara di dunia. Karenanya, Saudi mengambil keputusan untuk meniadakan keberangkatan jemaah dari seluruh negara.

Jemaah haji tahun ini hanya dibatasi untuk warga negara Saudi dan warga negara asing atau ekspatriat, yang saat ini sudah berada atau berdomisili di Arab Saudi. Pembatasan bertujuan menjaga keselamatan dan kesehatan jemaah.

Kementerian Kesehatan Saudi sebelumnya menetapkan sejumlah syarat bagi calon jemaah. Tiap jemaah harus berusia kurang dari 75 tahun tanpa penyakit kronis, harus melalui tes covid sebelum haji, dan wajib karantina usai menunaikan ibadah. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: