Libur Nataru, Wisatawan Asing ke Jateng Meningkat 250 Persen Termasuk di Candi Borobudur

BNews-MAGELANG- Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Jateng meningkat 250 persen selama libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Perkembangan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Agung Hariyadi. Angka tersebut merupakan hasil perhitungan dari tanggal 16 Januari 2023 hingga 2 Januari 2024.

Menurut Hariyadi, pada libur Natal dan Tahun Baru tahun lalu, hanya terdapat 4.766 wisatawan mancanegara yang mengunjungi Jawa Tengah.

Namun, pada libur Natal dan Tahun Baru 2024, jumlah kunjungan wisatawan tersebut meningkat pesat menjadi 16.727 orang.

“Hal ini dapat dilihat dari lonjakan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Candi Borobudur, yang pada tahun lalu hanya sebanyak 2.444 orang, namun tahun ini meningkat menjadi 10.485 orang,” ujar Hariyadi pada Kamis, 4 Januari 2024.

Tiga candi di Jawa Tengah, yaitu Candi Borobudur, Taman Wisata Candi Prambanan, serta Candi Mendut dan Pawon; menjadi tiga destinasi wisata favorit bagi wisatawan mancanegara.

Pada libur Natal dan Tahun Baru 2024, kunjungan ke ketiga candi tersebut mencapai 10.485, 3.184, dan 681 wisatawan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Selain itu, wisata alam seperti Bukit Rhema dan Punthuk Setumbu di Kabupaten Magelang juga masuk dalam 10 Destinasi Terfavorit Wisatawan Mancanegara, dengan peringkat ke-4 dan ke-5.

“Pada posisi ke-6, terdapat Gedung Lawang Sewu di Kota Semarang dengan jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 393 orang. Kemudian diikuti oleh Kota Lama Semarang yang dikunjungi oleh 360 orang, Pura Mangkunegaran dengan 178 orang, Pulau Karimunjawa dengan 110 orang, dan Museum Batik Danar Hadi dengan 106 orang,” terangnya.

Hariyadi juga menyatakan bahwa peningkatan jumlah pengunjung ini telah melampaui target kenaikan sebesar 30 persen yang sebelumnya ditentukan.

“Jika dilihat dari target, kami selalu mengharapkan peningkatan sebesar 30 persen. Dengan capaian ini, tentunya kami telah melebihi target tersebut,” jelasnya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: