Mahasiswa dan Buruh Jogja Gelar Demo Hari Ini, Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-Amin,

BNews–NASIONAL– Setahun pemerintahan Jokowi-Mak’ruf Amin akan disambut demo mahasiswa di Yogyakarta (20/10/2020). Para demonstran tetap membawa isu sama, yakni penolakan Omnibus Law Cipta Kerja.

Humas Aliansi Rakyat Bergerak (ARB) Yogyakarta Revo Lusi menyebut pihaknya akan kembali menggelar aksi unjuk rasa menolak pengesahan Omnibus Law Cipta Kerja. Dan akan dipusatkan di Bundaran UGM Yogyakarta, Selasa (20/10) pukul 12.00 WIB.

“Estimasinya ada sekitar 1.000-2.000 massa aksi,” katanya dikutip CNN (19/10/2020).

Menurutnya, aksi kali ini sekaligus sebagai bentuk respons atas satu tahun pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang Omnibus Law.

Dalam aksi yang bertema “Ruang Rakyat, Semua adalah Warga’ ini, ARB juga menuntut pembentukan dewan rakyat, dan mosi tidak percaya terhadap DPR dan Pemerintah; serta akan menyuarakan orasi, musik, dan tarian.

“Simulasi Dewan Rakyat akan kami siarkan secara langsung melalui Youtube, Instragram, dan Twitter Aliansi Rakyat Bergerak,” sambungnya.

Kelompok buruh yang mengatasnamakan Front Pejuang Rakyat juga akan menggelar aksi menolak pengesahan Omnibus Law RUU Cipta Kerja di kawasan Malioboro, Yogyakarta.

Loading...

Anggota FPR dari Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Yogyakarta Erlangga mengaku, awalnya FPR akan menggelar aksi unjuk tersebut juga di bundaran UGM. Namun karena waktunya bersamaan dengan aksi ARB, maka FPR mengambil opsi untuk menggeser aksi ke kawasan Malioboro Yogyakarta.

Meskipun satu suara dengan ARB untuk menyuarakan penolakan Omnibus Law, pihaknya memiliki tuntutan lain. Di antaranya, menuntut pencabutan Omnibus Law UU Cipta Kerja, menghentikan reforma agraria palsu dan perhutanan sosial ala Jokowi, serta desakan untuk melakukan reforma agraria sejati. (*/Lubis)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: