Managemen Waktu: Manfaat dan Tips Melakukannya

BNews—KESEHATAN— Time management atau manajemen waktu adalah perencanaan dan pengendalian mengenai banyak waktu yang akan dihabiskan untuk kegiatan tertentu.

Selain dapat meningkatkan produktivitas, manajemen waktu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Manajemen waktu memang sangat diperlukan pada beberapa kegiatan, khususnya dalam pekerjaan. Dengan melakukan manajemen waktu yang baik ada berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan, seperti:

Terhindar dari Stres

Dengan manajemen waktu yang baik, maka kamu akan terhindar dari stres akibat pekerjaan yang tidak selesai atau menumpuk. Kemampuan ini juga menghindari kamu dari gangguan cemas akibat pekerjaan.

Memiliki Waktu Lebih

Saat kamu memiliki manajemen waktu yang baik, tentunya kamu bisa menyelesaikan kegiatan atau pekerjaan tepat waktu. Hal ini membuat kamu memiliki waktu lebih untuk melakukan hal lainnya, seperti berolahraga atau beristirahat.

Meningkatkan Peluang

Mengelola waktu dengan baik membuat kamu lebih mudah untuk membuat pekerjaan lebih optimal. Kondisi ini dapat memberikan peluang baru untuk mendapatkan kesempatan lebih baik dalam dunia pekerjaan.

Tips Time Management yang Tepat

Agar kamu bisa merasakan manfaatnya dengan baik, sebaiknya lakukan beberapa tips time management ini agar pengelolaan waktu kamu bisa berjalan dengan baik, yaitu:

Kenali Tujuan

Untuk dapat mengelola waktu dengan baik, sebaiknya kenali tujuan yang ingin kamu capai.

Buatlah Skala Prioritas

Prioritaskan tugas dan kewajiban berdasarkan kepentingan. Jika tugas penting dan mendesak, lakukan tugas ini paling awal. Sedangkan, jika tugas tidak mendesak, kamu bisa lakukan setelah menyelesaikan tugas yang penting dan mendesak lainnya.

Tetapkan Waktu untuk Menyelesaikan Pekerjaan

Menetapkan batasan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dapat membantu kamu lebih fokus dan efisien. Dengan begitu, tidak akan ada waktu yang terbuang.

Buatlah To-do List

Setelah membuat skala prioritas dan menetapkan waktu, kamu bisa membuat to-do list mengenai pekerjaan yang harus kamu kerjakan. Kebiasaan ini akan membuat kamu bekerja dengan lebih optimal. Bahkan, kamu tidak akan melewatkan satu pekerjaan yang harus kamu kerjakan.

Istirahat Sejenak

Jika kamu sudah merasa kesulitan untuk fokus mengerjakan suatu pekerjaan, sebaiknya istirahat sejenak. Tetapkan waktu saat beristirahat. Kamu bisa melakukan hal lain di luar pekerjaan, seperti mengonsumsi camilan, mendengarkan musik, atau sekadar berjalan-jalan di lingkungan kantor.

Hindari Berbagai Hal yang Bisa Mengganggu

Saat aturan waktu sudah diterapkan, sebaiknya hindari berbagai hal-hal yang bisa mengganggu pekerjaan, seperti buku bacaan kesayangan atau gadget. Beberapa gangguan pekerjaan ini dapat membuang waktu yang telah kamu tetapkan. Sebaiknya letakkan barang-barang tersebut di tempat yang tidak terlihat atau sulit dijangkau agar kamu bisa fokus melakukan pekerjaan.

Buatlah Suasana Nyaman

Buatlah lingkungan kerja yang nyaman agar kamu lebih fokus saat bekerja.

Itulah beberapa tips time management yang bisa dilakukan. Namun, jika kamu mengalami keluhan kesehatan yang terkait dengan stres akibat pekerjaan sebaiknya jangan abaikan kondisi ini. (*)

Sumber: halodoc.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!