Masid Agung Magelang Pastikan Gelar Salat Jumat Berjamaah Seperti Biasa

BNews— MAGELANG— Masjid Agung Magelang memastikan tetap akan menggelar Salat Jumat berjamaah siang ini, (20/3). Mekipun sudah ada fatwa Majelis Ulama Indonesia untuk mengganti Salat Jumat den(MUI) dengan Salat Duhur di rumah masing-masing.

Menurut penanggung jawab kebersihan Masjid Agung Magelang, Hernowo, Salat Jumat tetap dilaksanakan seperti biasa karena mayoritas jamaah meminta untuk digelar. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihaknya melakukan langkah pencegahan penularan Covid-19 sesuai imbauan Pemkot Magelang dan MUI.

”kami meningkatkan kebersihan untuk persiapan salat dengan mengepel masjid dua kali sehari. Dan penyemprotan disinfektan oleh PMI Kota Magelang jelang Salat Jumat,” tutur Hernowo kepada Borobudur News, Jumat (20/3).

Ketua Rukun Warga (RW) 01 Kauman, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang itu mengatakan, Masjid Agung sementara ini tidak memakai karpet sebagai alas salat. Sehingga, para jamaat diimbau untuk membawa sajadah dari rumah.

”Kami imbau, setelah salat jamaah untuk tidak ’salaman’ dan bisa langsung segera pulang. Tetapi kami kembalikan ke masing-masing pribadi,” tegasnya.

Masjid Agung sementara ini tidak memakai karpet sebagai alas untuk salat.

Imbuh dia, pihaknya juga telah menyediakan sabun cuci tangan. Diantaranya di wastafel, kamar mandi dan tiang-tiang dekat tempat wudu.

Loading...

”Nanti bisa digunakan sebelum masuk masjid atau setelah selesai salat,” pungkasnya.

Salah satu relawan PMI Kota Magelang, Guruh Setyawan mengungkapkan, penyemprotan disinfektan di Masjid Agung sesuai jadwal yang diagendakan. Yakni jelang persiapan Salat Jumat agar jemaah lebih merasa aman untuk beribadah.

”Agar tempat pelaksanaan salat dan barang yang sering tersentuh banyak orang bisa benar-benar steril. Misalnya kotak amal, pegangan pintu dan pegangan tangga,” pungkas dia yang juga menjadi petugas penyemprotan itu. (cr1/han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: