Mau Kredit Online, Ini Syarat Pengajuannya

BNews—TEKNO— Kredit online kian hari makin banyak digemari. Hal tersebut dipengaruhi oleh mudahnya proses dan syarat pengajuan pinjaman online yang diterapakan para perusahaan finansial technologi (fintech).

Dilansir dari berbagai sumber pinjaman online merupakan kredit yang diberikan oleh Lembaga keuangan yang pada semua prosesnya dilakukan secara online tanpa tatap muka.

Ada dua alasan mengapa pinjaman online begitu digandrungi. Pertama, proses dan syarat pengajuan pinjaman online tidak banyak kedua dana pencairannya cepat.

Pinjaman online sendiri terbagi menjadi dua jenis, pinjaman online regular dan pinjaman online cepat cair. Pinjaman online regular biasanya adalah pinjaman tanpa agunan atau KTA yang dibuat oleh bank konvensional namun prosesnya sudah dapat dilakukan secara online.

Sementara pinjaman online cepat cair adalah kredit yang diberikan Lembaga keungaan biasanya bukan bank, yang masa pencairannya hanya memakan waktu beberapa jam saja.

Beda Antara KTA dan Pinjaman Online Cepat Cair

Beberapa fintech ditanah air yang dibuat oleh bank konvensional juga menyediakan pinjaman tanpa agunan yang bisa Anda akses secara online. Namun biasanya jenis KTA ini juga membutuhkan persyaratan yang sama dengan skema offlinenya, yang membedakan hanyalah Anda tidak perlu mendatangi bank untuk mengurus semua administrasi.

Waktu pencairannya juga memakan waktu yang sama dengan bunga penerapan yang sama juga. Namun jumlah pinjaman KTA pada bank konvensional yang dapat diperoleh bisa lebih tinggi dibanding KTA online cepat cair.

Beda dengan pinjaman online cepat cair yang biasanya adalah produk perusahaan fintech. Mereka biasanya menetapkan jumlah pinjaman maksimal pada angka beberapa juta saja.

Jika dirunutkan inilah beda antara KTA dan pinjaman online cepat cair:

Pada KTA regular persyaratan dokumen yang diperlukan mencakup Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Slip Gaji, dan Rekening Koran selama tiga bulan terakhir. Semenyara pinjaman online cepat cair hanya mensyaratkan KTP saja.

Jumlah pinjaman KTA regular bervariasi pada setiap bank, namun umumnya jumlah pinjaman yang diberikan bisa mencapai Rp 1M dengan tempo pelunasan hingga 3-5 tahun. Beda dengan pinjaman cepat cair yang angka maksimum pinjamannya berada dikisaran ratusan juta, dengan jangka pelunasan amat pendek yakni 12 bulan.

Bunga yang dibebankan pada KTA regular berkisar 2-3% perbulan, biasnya tanpa mengikuti acuan bunga Bank Indonesia dalam artian fixed rate hingga lunas. Berbeda dengan pinjaman online cepat cair yang menerapkan bunga harian yang ditotal dalam satu bulan bisa mencapai 30%. Tak heran jika banyak debitur akhirnya terjerat pada hutang jangka Panjang pinjaman online ini.

Waktu pencairan KTA regular biasanya memakan waktu beberapa hari. Namun pinjaman online cepat cair bahkan hanya membutuhkan beberapa menit untuk mencairkan dana.

Biaya pelunasan lebih cepat biasanya ada pada KTA regular yang dikeluarkan oleh bank konvensional, besarannya bisa berbeda tergantung kebijakan masing-masing. Namun ini tidak berlaku pada KTA cepat cair. Jika Anda ingin melunasi lebih cepat tidak ada tambahan biaya yang dibebankan. Jadi lebih cepat lunas lebih baik. (jar/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: