Menikmati Segarnya Dan Jernihnya Air Di Sendang Mudal Sawangan

BNews–MAGELANG– Sendang Mudal merupakan kolam alami yang mempunyai sumber mata air yang sangat jernih dan bersih. Lokasinya terletak di dusun Butuh Kulon, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Mengapa bisa dinamai Sendang Mudal bukan Sendang Butuh? Menurut warga sekitar, sendang ini berdekatan langsung dengan dusun Mudal. Sehingga orang-orang menyebutnya Sendang Mudal.

Keistimewaan dari sendang mudal ini sendiri adalah sumber airnya yang sangat bening, alami, dan bersih. Saking jernihnya, kita dapat melihat dasar Sendang Mudal dan ikan-ikan berenang.

Kemudian, fasilitas yang bisa dinikmati pun cukup lengkap seperti Mushola, pendopo, kamar mandi yang bersih, kolam untuk anak-anak, lahan parkir yang cukup luas, warung makan, dan lain-lain.

Adapun keistimewaan lainnya ialah letak Sendang Mudal yang berada di lingkungan persawahan. Pemandangan sekitar menambah kesan sejuk dan segar saat berenang atau sekedar bermain air dan bersantai di Sendang Mudal.

Terlebih ketika sawah sedang hijau-hijaunya atau kuning masa panen, menambah kesan suasana alam yang syahdu.

Setiap tempat wisata tentunya mempunyai jam buka dan tutup yang berbeda. Begitu pula dengan wisata yang berada di Kabupaten Magelang ini.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Terkhusus untuk Sendang Mudal ini sendiri mulai buka pukul 07.00 pagi dan tutup pada pukul 17.00 WIB. Dan terkadang tergantung pada situasi dan kondisi yang ada. Misal saja pada waktu pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, wisatawan dibatasi bahkan wisata ditutup.

Harga tiket masuk ke Sendang Mudal dihari biasa Rp. 2000 dan dihari libur atau weekend Rp.3000 belum termasuk biaya parkir sebesar Rp.2000 untuk sepeda motor dan Rp.5000 untuk mobil. Harga yang sangat terjangkau untuk wisatawan.

Selain dijadikan tempat berenang, bermain air, atau bersantai, Sendang Mudal juga sering dijadikan objek foto bawah air. Hal tersebut didukung dengan air yang jernih bersih dan banyak ikan-ikan di dalamnya yang menambah kesan foto bawah air yang menakjubkan dan tampak indah.

Lokasinya sekitar 20 menit dari pusat Kota Magelang. Dan melalui jalur utama menuju lokasi wisata Ketep Pass. (*/SFRN)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: