Merapi Luncurkan Guguran Material 200 Meter, Gemuruh Terdengar dari Babadan Magelang

BNews—MAGELANG— Aktivitas vulkanik Gunung Merapi hingga hari ini, (8/12), terpantau masih tinggi. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Teknologi (PBBTKG) melaporkan, Merapi kembali menggugurkan material di puncak.

Guguran tersebut terjadi sekitar pukul09.17WIB. Sedang guguran kali ini mengarah ke barat dengan jarak lucur 200 meter.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida menuturkan guguran material terdengar dari Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan di Kabupaten Magelang. ”Kami sudah konfirmasi pada pengamat di Pos Babadan, guguran mengarah ke barat dengan jarak luncur 200 meter,” tutur Hanik, Selasa (8/12).

Luncuran guguran sendiri terpantau dari kamera pengawas atau CCTV Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Jogjakarta. Guguran berasal dari material vulkanik yang ada di dinding kawah Merapi.

Sementara dari catatan laporan BPPTKG sejak pukul 00.00 hingga 06.00WIB pagi tadi, terdata tujuh kali gempa guguran, tujuh gempa hembusan. Dan 69 gempa fase banyak (hybrid) serta sembilan gempa vulkanik dangkal. Status Merapi masih tetap berada pada Level III atau berstatus Siaga. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: