Mudik Gratis Dibatalkan, Pemerintah Imbau Masyarakat Tak Pulang Kampung

BNews—NASIONAL— Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membatalkan program mudik gratis yang selama ini digelar. Keputusan ini diambil usai Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) memperpanjang masa darurat Covid-19 hingga 29 Mei 2020 atau H+5 lebaran.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, pembatalan program mudik gratis karena kondisi penyebaran Covid-19 yang begitu masif. Peniadaan mudik tersebut berlaku bagi moda transportasi bus, kereta api, kapal penyeberangan dan pesawat terbang yang sudah direncanakan Kemenhub dengan BUMN dan swasta.

”Saya rasa ini keputusan yang tepat walau berat, mudik gratis dibatalkan. Saya harap masyarakat dapat mengerti dan mematuhi apa yang sedang dilakukan pemerintah,” kata Budi Setiyadi dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (23/3).

Bukan hanya meniadakan program mudik gratis lebaran, pihaknya juga mendorong masyarakat agar tidak melakukan tradisi mudik tahun ini. Hingga situasi benar-benar kondusif.

”Saya imbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan dulu. Dan kita sudah mulai memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui ’meme’ yang kita kirim melalui media ke masyarakat untuk tidak mudik,” jelas dia.

Budi meminta, masyarakat perantauan memaklumi dan mentaati kebijakan pemerintah. Guna mengurangi pergerakan manusia yang mungkin membuat penyebaran Virus Korona semakun meluas.

”Apalagi Jakarta sudah dianggap episentrumnya penyebaran virus. Jangan sampai kemudian kita nggak tahu yang sudah membawa bakteri sudah ke daerah dan menyebar luas ke daerah-daerah,” ujarnya.

Loading...

Sebagaimana diketahui,Ditjen Perhubungan Darat sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 34,48 miliar pada mudik gratis kali ini. Atau lebih besar enam persen dibandingkan dengan mudik gratis tahun lalu yang sebesar Rp 32,45 miliar.

Padahal, total bus yang dipersiapkan pemerintah sebanyak 1.317 unit dengan 1.117 unit bus pariwisata yang mampu mengangkut 50.625 penumpang. Dan 200 unit bus AKAP dengan kapasitas angkutan 900 orang.

Termasuk menyediakan 111 truk dengan kemampuan muat 4.995 unit sepeda motor pemudik. Dengan tujuan 37 kota untuk mudik dan lima kota saat balik. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: