Kapan Candi Borobudur Dibuka? Ini Perkembangan Terbarunya

BNews—MAGELANG—Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang belum dibuka kembali bagi wisatawan. Meskipun sudah banyak yang menantikannya.

Hal tersebut karena masih menunggu surat resmi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Magelang. Sejauh ini surat itu belum turun.

Kepala Seksi Konservasi Borobudur BKB, Yudi Suhartono mengungkapkan surat tersebut terkait pembukaan zona satu candi yang masih belum keluar hingga saat ini. Nantinya surat akan menjadi dasar pembukaan kembali kunjungan di zona satu atau naik ke Candi Borobudur.

“Kami sesuai instruksi Pak Dirjen, Candi Borobudur akan dibuka jika ada rekomendasi dari Ketua Satgas Gugus Tugas, itu Bupati atau Gubernur,”ungkapnya, kemarin (22/6/2020).

Menurut Yudi, setelah surat tersebut disetujui, Dirjen Kebudayaan akan kembali mengirimkan surat kepada BKB yang berisi rekomendasi pembukaan. “Kalau mereka (gugus tugas) memberikan saran tertulis bahwa dibuka, kita akan kirimkan ke Jakarta. Nanti Jakarta akan mengirim surat kepada kita,” imbuhnya.

Selama pandemi Covid-19, Jelas Yudi, BKB telah menutup sementara kunjungan wisatawan di zona satu Candi Borobudur. Penutupan kunjungan terhitung sejak 30 Maret 2020 lalu dan hingga kini belum dibuka kembali.

BKB memilih menunggu surat resmi dari Gugus Tugas yang menyatakan aman dan diizinkan dibuka kembali. ”Jikalau nanti bisa dibuka, simulasi juga akan dilangsungkan terlebih dahulu,” kata Yudi

Loading...

Simulasi dilakukan agar pengunjung dapat memahami ketentuan-ketentuan ketika berkunjung ke zona satu Candi Borobudur. Yakni yang sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: