Pemerintah Bakal Blokir Handphone BM, Kenali Ciri-cirinya

BNews—TEKNO— Pemerintah melalui kementrian komunikasi dan informatika (Kominfo) akan segera melakukan pemblokiran terhadap handphone black market (BM). Rencananaya kebijakan itu akan dilaksanakan pada Agustus mendatang.

Handphone BM sendiri biasa ditawarkan oleh sejumlah orang melalui situs online. Banyak yang menawarkan dari Batam. Sehingga, hp tersebut tidak memiliki keabsahan dan tanda resmi.

Advertisements


Nah, borobudurnews mencoba memberikan spesifikasi tentang hanphone BM ini. Jadi sekarang kamu bisa cek handphone milikmu apakah asli atau BM.


Pertama, handphone BM biasanya tidak memiliki garansi resmi dari perusahaan pembuatnya. Seperit Samsung, Apple, Oppo, Nokia dan lain sebagainya.

Kedua, handphone BM tidak memiliki kode imei. Dimana, kode ini biasanya tertera di belakang handphone. Imei ini merupakan kode unik disetiap perangkat ponsel. Biasanya ada 14-16 digit nomor. Kode ini tidak hanya untuk mengindentifikasi jenis ponsel tapi juga keamanan hp.

“Misalkan jika orang kehilangan hanphone dan melaporkan kode imeinya ke operator seluler maka bisa jadi hp itu tidak bisa dipakai oleh yang mengambil,” kata Irawan, salah satu penjual handphone.

Ketiga, biasnaya, handphone blackmarket ini dijual secara online. Penjual tidak memiliki toko resmi secara fisik.  (han/jar)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: