Pemprov Jateng Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Bermotor Kembali, Ini Waktunya

BNews–JATENG– Ada kabar menggembirakan bagi para pemilik kendaraan bermotor di Jawa Tengah. Sebab, Pemprov Jawa Tengah memberikan kesempatan pembebasan sanksi administratif (denda) pajak kendaraan bermotor (PKB).

Ini berarti pemilik kendaraan tidak perlu membayar denda yang dibebankan jika telat membayar PKB tersebut.

Untuk waktu bebas denda PKB ini berlaku sejak Kamis (6/5/2021) kemarin hingga 6 September 2021. Informasi ini diumumkan melalui akun instagram resmi Bapenda Jawa Tengah di @bapenda_jateng pada Kamis (6/5/2021).

Johan Hadiyanto selaku Kabid Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Jateng pun membenarkan informasi tersebut.

Kebijakan sanksi atau denda keterlambatan pembayaran pajak kendaraan dihapus mulai 6 Mei 2021 sampai dengan 6 September 2021,” katanya (6/5/2021).

Untuk mengurus bebas denda pajak ini bisa langsung mendatangi kantor Samsat terdekat di seluruh wilayah Jawa Tengah.

Bebas denda pajak ini pun berlaku untuk seluruh jenis kendaraan bermotor, tidak hanya sepeda motor dan mobil. Kebijakan ini diberlakukan dengan alasan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Tujuan kebijakan gubernur ini dalam rangka meringankan beban masyarakat akibat pandemi Covid-19 yang telah memengaruhi kemampuan masyarakat dalam memenuhi kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor,” imbuh Johan.

Berbeda dengan pemutihan pajak di Provinsi Jatim beberapa waktu lalu, pemutihan PKB di Jateng ini tidak berlangsung sepaket dengan pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Adapun kebijakan soal bebas denda  PKB ini tercantum dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 5 Tahun 2021. Yakni tentang Pembebasan Sanksi Administrasi Pajak Kendaraan Bermotor bagi Masyarakat Jawa Tengah. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: