Penerbangan Domestik Akan Segera Dipindah ke NYIA Kulonprogo

BNews—JOGJA— Pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) ditargetkan rampung pada bulan Desember 2019. Ditargetkan pada Januari 2020 seluruh penerbangan domestik akan dipindahkan ke NYIA.

Dikabarkan nantinya hanya tersisa penerbangan jarak dekat di Bandara Adisutjipto. “Di pertengahan januari, seluruh penerbangan yang domestik akan kita pindahkan ke NYIA,” ungkap Manager PT Angkasa Pura 1 Yogyakarta, Agus Pandu Purnama (7/10).

Advertisements


Pandu juga memaparkan bahwa saat ini di Bandara Adisutjipto total ada 168 penerbangan dan di NYIA baru terdapat 30 penerbangan. “Di NYIA paling banyak rute Jakarta seperti Citilink, Batik Air dan Garuda Indonesia,” paparnya.


Nantinya, setelah seluruh penerbangan domestik jarak jauh dipindahkan ke bandara NYIA Kulonprogo, di Bandara Adisucipto hanya menyisakan rute penerbangan jarak pendek. Dengan hanya dilintasi pesawat propeller maka ke depan Bandara Adisutjipto hanya akan melayani penerbangan rute pendek saja.

“Nanti hanya rute pendek seperti rute dari Yogyakarta menuju Surabaya, Bandung, dan nanti akan ditambah Malang, Banyuwangi dan Karimunjawa,” imbuhnya.

“Sehingga di bulan April bandara Adisutjipto tersisa hanya pesawat propeller saja. Saat ini baru ada 10 flight propeller berbagai tujuan dan bulan April nanti ada penambahan propeller di Adisutjipto dengan tujuan berbeda,” jelasnya.

Terkait rute penerbangan Internasional di bandara NYIA, Agus Pandu menuturkan baru akan bisa dilaksanakan pada bulan April 2020. “Hal itu dikarenakan masih menunggu setting untuk custom immigration quarantine (CIQ) seperti bea cukai, imigrasi dan karantina,” ujarnya.

BACA JUGA : Ini Desain Jalur Kereta Api Semarang-Magelang-Jogja

PT Angkasa Pura I memastikan Bandara NYIA di Kulon Progo siap melayani penerbangan domestik di musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) akhir 2019 ini. “Perkembangan umum pembangunan Bandara NYIA sejauh ini sudah mencapai 88 persen,” jelasnya.

Diakuinya pembangunan terus dikebut untuk mengejar target perampungan di Desember 2019 untuk menghadapi momen Nataru. “Adapun saat ini NYIA sudah melayani sekitar 30 jadwal penerbangan, terutama untuk rute luar Pulau Jawa,” bebernya.

“Targetnya Desember harus selesai karena untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru. Desember ini lantai 3 terminal akan selesai dibangun sehingga operasional penerbangan domestik bisa dipindahkan ke sana,” pungkasnya.(bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: