Potensi Bahaya Merapi Berubah, BPBD Kabupaten Magelang: Sejumlah Pengungsi Ingin Pulang

BNews—MAGELANG— Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang memberikan kesempatan kepada pengungsi yang ingin pulang ke rumah masing-masing. Hal itu terkait perubahan rekomendasi dari BPPTKG tentang potensi bahaya Gunung Merapi.

Sebagai informasi, BPPTKG menyampaikan potensi dan daerah bahaya erupsi Gunung Merapi sudah berubah. Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas di sektor selatan hingga barat daya meliputi sungai Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan putih sejauh maksimal lima kilometer.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius tiga kilometer dari puncak.

”Setelah ada perkembangan perubahan arah kerawanan erupsi Merapi, memunculkan keinginan warga Kabupaten Magelang yang mengungsi untuk kembali. Kita ajak mereka berdiskusi dan membuka data-data yang ada. Kita memberikan kesempatan empat desa di sisi barat dan barat laut Merapi untuk sementara kembali kerumah,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto kepada awak media, Jumat (22/1/2021).

Kendati demikian, Edy mengimbau pengungsi yang ingin kembali ke rumah untuk tetap waspada terkait kondisi Gunung Merapi. ”Tetap siaga terkait arah ancaman, sebab Merapi itu berubah-ubah terus. Tipe erupsinya berubah-ubah,” ujar dia.

Lebih lanjut, Edy mengatakan bahwa pada hari ini ada sejumlah pengungsi yang bersiap untuk pulang ke rumah masing-masing. Untuk jumlah pengungsi hingga kini ada sekitar 449 jiwa. ”Ada sekitar 121 jiwa yang mengungsi di Deyangan, Mertoyudan, mereka yang ingin pulang ke rumah masing-masing. Sehingga yang masih di lokasi pengungsian masih sekitar 300 an sekian,” ungkap Edy.

”Pengungsi yang ingin pulang itu adalah inisiatif mereka sendiri. Kita pun menfasilitasi dengan pembekalan-pembekalan informasi mitigasi,” sambungnya.

Meskipun ada beberapa pengungsi yang pulang, kata Edy, Tempat Evakuasi Akhir (TEA) tetap harus siap. Karena pada dasarnya saat ini Gunung Merapi masih berstatus siaga. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: