RESMI Ini Tahapan Pembangunan Tol Bawen-Magelang-Jogja

BNews—SEMARANG— Progres Pembangunan Tol Bawen-Jogjakarta terus dikebut oleh pemerintah. Saat ini, masih dalam proses penyempuraan detail engineering design (DED).  Karena ada beberapa lokasi yang harus digeser.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Binamarga dan Ciptakarya Jawa Tengah Hanung Triyono, kemarin. Menurutnya, saat ini, revisi DED bersamaan dengan penetapan lokasi (penlok) pembangunan Tol Bawen-Jogja.

“Sudah ada jadwal tander proyek dari Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” ujarnya.

Berdasarkan jadwal tender tersebut, pada November 2019 penguman tender, kemudian Desember 2019 prakualiasi penjelasan lelang proyek. Pada Januaai 2020 pengajuan prakualifikasi, Februari 2020 pengumuman hasil prakualifikasi, Maret 2020, pengumpulan dokumen penawaran, Maret 2020 penjelasan penawaran, Juni 2020 penyerahan penawaran dokumen lelang.

Selanjutnya pada Juli 2020 pembukaan dokumen proposal keuangan, November 2020 nominasi pemenang (tender proyek) oleh menteri PUPR, dan Desember 2020 persetujuan konsensi pembangunan. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo sebelumnya berharap pelaksanaan pembangunan jalan tol Bawen-Jogja dan Solo-Jogja bisa dimulai secara bersama-sama pada 2019.

Menurut Ganjar, pembangunan jalan tol Bawen-Jogja dan Solo-Jogja mendesak untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas kendaraan di jalur tersebut, terutama pada arus mudik dan balik Lebaran.

Pembangunan jalan tol tersebut juga dalam upaya pengembangan perekonomian dan parwisata di kawasan segitiga Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar).

Loading...

Untuk penetapan lokasi yang akan dilalui kedua jalan tol tersebut dengan mempertimbangkan tidak akan melalui heritage atau kawasan bersejarah, lahan subur, dan daerah jauh dari bencana. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: