Ribuan Warga LDII Magelang Ikuti Webinar Cakap Digital Bersama Kominfo

BNews–MAGELANG– DPW LDII Provinsi Jawa Tengah berkerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. Mereka menggelar webinar dengan tajuk Makin Cakap Digital 2022 Komunitas Jateng pada Rabu malam kemarin (21/9/2022).

Dan perlu diketahui, Webinar tersebut mengambil tema Membangun Ketahanan Budaya di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0. Kegiatan ini merupakan bagian dari Siber Kreasi Kominfo RI yang bertujuan mensosialisasikan kecakapan digital dalam perkembangan teknologi saat ini.

Webinar Cakap Digital kali ini diikuti oleh lebih dari 60.000 warga LDII di Jawa Tengah yang terbagi di lebih dari 3000 titik baik personal maupun studio-studio mini. Di Magelang sendiri, terdapat lebih dari 1000 warga DPD LDII Magelang; yang dibagi di lebih dari 50 titik di tiap PAC mengikuti webinar mengenai kecakapan digital guna meningkatkan literasi digital.

Kegiatan webinar kali ini dibuka oleh Menteri Kominfo RI Johny G. Plate sebagai keynote speaker yang mengingatkan di era digitalisasi saat ini; masyarakat harus mampu beradaptasi dengan dunia digital yang semakin maju.

Menurutnya, tingginya perkembangan dalam teknologi memberikan banyak kesempatan dan peluang, terutama para generasi muda untuk berkarya membangun bangsa ini.

Selain itu Ketua DPP LDII Ir. K. H. Chriswanto Santoso, M.Sc. juga memberikan materi mengenai pemanfaatan digitalisasi bagi generasi muda. Menurutnya banyak peluang yang bisa diciptakan oleh masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan digitalisasi ini.

“Di dunia digital ini masyarakat harus mampu menciptakan suasana yang tidak perlu takut mengalami percepatan perkembangan digitalisasi yang semakin luar biasa”, kata Ir. K. H. Chriswanto Santoso, M.Sc.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Tak hanya itu, webinar juga dihadiri oleh Prof. Dr. Singgih Tri Sulistiyono, M.Hum., Ketua DPW LDII Provinsi Jawa Tengah. Menurutnya, kegiatan webinar ini merupakan bagian dari program menciptakan literasi digital di masyarakat; sehingga masyarakat tidak hanyut dalam dunia digital saja, tetapi bisa menggunakan digitalisasi sebagai nilai tambah bagi dirinya sendiri serta lingkungan sekitar.

Terdapat dua narasumber lainnya yaitu Lukman Abdul fatah,S.Si., M.Si. (Ketua Bidang Teknologi Informasi dan Aplikasi Telematika DPP LDII) dan Eka Y. Saputra (Konsultan Teknologi Informasi) yang menyampaikan mengenai etika digital serta kecakapan digital.

Bapak H. Modrik Santoso, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua DPD LDII Magelang berharap dengan adanya kegiatan webinar ini, warga LDII bisa semakin mengenal digitalisasi dan bisa memanfaatkannya untuk urusan yang lebih baik, seperti bisnis sehingga bisa menghasilkan rezeki untuk meningkatkan ibadah serta tidak terjerumus dalam arus negative duni digital ini. “Adanya kegiatan webinar Cakap Digital ini juga diharapkan mampu melihat manfaat digitalisasi sebagai media untuk mengaji dan mencari ilmu,” tutur beliau. (*/bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: