Ringankan Beban, Keluarga Besar Tionghoa Muntilan Bagikan 800 Paket Sembako

BNews—MUNTILAN— Pandemi covid-19 menggugah kepedulian semua kalangan untuk berbagi, tidak terkecuali Keluarga Besar Warga Tionghoa Muntilan. Komunitas tersebut hari ini, Rabu (6/5), membagikan sedikitnya 800 paket sembako untuk masyarakat tidak mampu dan terdampak virus corona.

Aksi sosial ini bukan kali pertama dilakukan. Sebelumnya, mereka membagikan 10 ribu alat pelindung berupa masker hingga sabun cuci tangan kepada masyarakat.

”Tahap pertama kemarin, kami fokus pada aspek medis atau pencegahan. Dan kali ini, kami konsen ke aspek ekonomi, kehidupan, dengan membagikan sembako berupa beras dan mi instan,” tutur koordinator kegiatan Bambang Handoko.

Ia menjelaskan, setidaknya ada 21 dusun di tiga desa dan satu kelurahan yang menerima bantuan sembako. Diantaranya Kelurahan Muntilan, Desa Gunungpring, Sedayu dan Pucungrejo.

Keluarga Besar Warga Tionghoa Muntilan saat mendistribusikan beras 3 kilogram di Patosan, Sedayu, Muntilan.

Dalam penyaluran sembako, pihaknya bekerja sama dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat. Dusun diberi kesempatan melakukan pendataan warga kategori tidak mampu dan prioritas terdampak corona.

”Harapannya, agar pendistribusian bantuan tepat sasaran. Rata-rata ada sekitar 23 sampai 108 warga tiap dusunnya,” jelasnya.

Bambang menerangkan, sumber donasi yang terkumpul tidak hanya berasal dari warga Tionghoa yang bermukim di Muntilan. Namun juga melibatkan warga Tionghoa eks Muntilan yang tinggal di luar kota. Mulai dari Malang hingga Jakarta.

”Ini bukti kebersamaan dan gotong royong. Kita ingin membangkitkan inisiatif lokal. Mereka bisa bersinergi membantu sendiri di setiap desa,” terangnya

Selain beras, masyarakat terdampak covid-19 juga mendapat mi instan.

”Harapannya dapat menginspirasi warga mampu agar berbagi kepada warga membutuhkan,” sambung dia.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Sedayu Riyadi S mengucapkan terima kasih kepada Keluarga Besar Warga Tionghoa Muntilan. Bantuan sembako tersebut sangat bermanfaat ditengah musibah pandemi corona yang tak berkesudahan.

”Atas nama warga Sedayu, saya ucapkan terima kasih. Dengan bantuan ini setidaknya dapat mengurangi beban hidup warga,” pungkas dia. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: