Selain PeduliLindungi, Pengunjung Wisata di Yogyakarta Harus Punya Aplikasi Ini

BNews—YOGYAKARTA— Pemerintah sudah mulai uji coba pembukaan kembali beberapa tempat wisata. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ada tiga destinasi yang resmi diuji coba buka.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menyebut bahwa pihaknya menerapkan dua sistem pada masa uji coba pembukaan kembali tempat wisata ini.

Pertama yakni sistem screening dari Kemenkes melalui aplikasi PeduliLindungi. Kemudian, melalui aplikasi Visiting Jogja. Dimana wisatawan melakukan reservasi terlebih dahulu untuk bisa masuk ke destinasi wisata.

“Kemudian yang kedua adalah sistem reservasi wisatawan ini untuk memastikan wisatawan bisa masuk ke destinasi tersebut. Karena sekarang ini masa uji coba kan baru 25 persen dari kapasitas normal,” kata Singgih, Kamis (16/9/2021).

Dia menjelaskan bahwa dengan mengunduh aplikasi Visiting Jogja, wisatawan yang ingin berkunjung ke tiga destinasi yang sudah ditentukan diharapkan telah melakukan reservasi secara online sekaligus pembayaran. Sehingga tidak menyebabkan antrean saat di pintu masuk destinasi wisata.

“Karena kita sudah mengaplikasikan Qris di dalam aplikasi Visiting Jogja. Sehingga sekarang bisa membayar pakai e-money atau transfer bisa. Diharapkan tidak ada antrean di depan pintu masuk, tinggal tapping masuk scan PeduliLindungi hijau langsung muncul,” jelasnya.

Singgih menyadari jika dari tiga destinasi wisata itu tidak semuanya terjangkau sinyal dengan baik. Oleh karenanya, pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk bisa menambah akses wifi di destinasi wisata.

“Kami sudah sampaikan ke Dinas Kominfo terkait hal ini memang tidak semua operator seluler itu bagus di setiap titiknya. Jadi mungkin dari temen-temen di pengelola untuk bisa akses internet melalui wifi,” pungkasnya. (*)

Sumber: detiktravel

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: