Sering Menatap Layar Seharian? Begini 5 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat

BNews—MAGELANG— Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum usai hingga kini. Hal tersebut membuat sebagian masyarakat masih melakukan aktivitas seperti sekolah atau bekerja, dari rumah.

Kondisi tersebut tentu membuat orang berinteraksi menggunakan laptop, komputer atau gawai lebih daripada biasanya. Namun kadang hal itu membuat seseorang menemui masalah seperti mata berarir, merah, dan lelah.

Masalah itu terjadi akibat radiasi blue light yang dipancarkan oleh layar perangkat elektronik yang digunakannya. Apabila hal tersebut terus terjadi, bisa saja membuat mata menjadi sakit bahkan parahnya mengalami gangguan penglihatan.

Namun tak perlu khawatir, berikut 5 tips agar mata tetap sehat walaupun sering berada di depan layar. Dilansir dari eraspace.com, Jumat (25/6/2021).

Atur tingkat kecerahan perangkat

Anda bisa menyesuaikan tingkat kecerahan layar perangkat sesuai dengan lingkungan sekitar. Usahakan jangan terlalu terang atau malah terlalu gelap. Pastikan jika tingkat kecerahan perangkat yang digunakan itu, nyaman untuk mata.

Bila kurang yakin, Anda bisa mengaktifkan fitur sensor cahaya di gawai yang bisa menyesuaikan brightness layar. Dengan cepat sesuai dengan kondisi cahaya di tempat Anda berada.

Sesekali kedipkan mata dan lakukan olahraga mata

Frekuensi kedipan mata jadi berkurang ketika Anda tengah menatap layar. Walaupun sedang serius, pastikan sesekali mengedipkan mata. Misalnya kedipkan mata sebanyak 5 kali setiap 10 menit saat Anda berada di depan layar.

Anda juga bisa melakukan olahraga mata ringan dengan melihat objek yang jauh dari pandangan lalu melihat ke objek yang dekat. Anda juga bisa memutar bola mata dengan melihat sekeliling dari kiri ke atas kemudian ke arah kanan ke bawah mata. Hal ini bisa mengurangi rasa sakit pada mata akibat otot mata yang kaku.

Rajin mengomsumsi makanan untuk kesehatan mata

Anda bisa mengomsumsi makanan yang bagus untuk kesehatan mata seperti buah jeruk, stroberi, bayam, telur, kacang almond dan wortel. Kandungan vitamin A, C dan E pada makanan tersebut dapat membantu mata Anda tetap sehat.

Bila perlu, Anda juga bisa mengomsumsi multivitamin yang banyak beredar di pasaran. Tentunya cara ini praktis terutama bagi Anda yang tidak sempat memasak dan kurang menyukai sayuran atau buah-buahan.

Sesekali keluarlah dari ruangan dan nikmati pemandangan hijau

Nah, jika Anda merasa penat usahakan keluar dari ruangan dan nikmati tumbuhan hijau di taman atau di pekarangan rumah. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa meletakkan tanaman hijau yang hidup di meja kerja atau di sekitar ruangan yang Anda tempati.

Gunakan mode malam atau instal aplikasi filter radiasi cahaya biru

Anda bisa mengaktifkan fitur mode malam pada perangkat elektronik atau mode baca di browser saat berselancar di dunia maya. Cara ini ampuh untuk mengurangi efek cahaya biru yang dipancarkan oleh gadget.

Anda jangan khawatir ketika warna layar perangkat berubah menjadi kekuningan, hal ini merupakan cara sistem untuk mengurangi pancaran cahaya biru. Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu mengurangi pancararan cahaya biru yang dihasilkan perangkat eletronik.

Nah, itu 5 tips agar mata tetap sehat walaupun sering terpapar radiasi cahaya biru. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: