Siaga Merapi, Petugas Gabungan Lakukan Patroli ke Wilayah KRB III

BNews—DUKUN—Petugas gabungan melaksanakan patroli ke Daerah Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi, pada Sabtu (21/11/2020). Mereka terdiri dari personel Polres Magelang, Kodim 0705/Magelang dan Satpol PP Kabupaten Magelang.

Patroli yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Magelang Kompol Maryadi itu, meninjau meninjau sarana dan prasaran guna persiapan pengungsian. Selain itu juga memberikan sosialisasi kepada warga yang masih bermukim di kawasan tersebut.

”Kami melakukan pengecekan jembatan sungai Nglamat dan Senowo yang merupakan salah satu jalur pengungsian. Termasuk kandang ternak bersama dan kesiapan armada secara swadaya dari masyarakat untuk sarana mengungsi,”  kata Maryadi, saat berada di Pos Pengamat Gunung Merapi Babadan Dukun, Sabtu, (21/11/2020).

Dia menjelaskan, warga yang masih berada di KRB III telah siap mengungsi bila sewaktu-waktu ada peningkatan aktivitas Gunung Merapi. ”Siap untuk melakukan pengungsian dan menunggu perintah dari petugas serta rekomendaasi dari BPPTKG,” jelasnya.

Lanjutnya, warga telah menyiapkan berbagai hal seperti mengumpulkan surat-surat penting, menyatukan hewan ternak dalam satu kandang dan menyiapkan kendaraan pengangkut.

”Kendaraan sendiri telah disiapkan di pinggir jalan. Selain itu warga pun telah meningkatkan ronda malam,” imbuh dia.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)
Loading...

Kapolsek Dukun, Iptu Suyanto menambahkan, dengan meningkatnya aktivitas Merapi, maka personil Polsek Dukun juga meningkatkan patrolinya setiap hari. Pihaknya terus memberikan sosialisasi kepada warga yang masih bermukim di KRB III.

”Warga masyarakat yang berada di dusun tersebut tetap beraktifitas seperti biasa, namun tidak meninggalkan kesiap siagaan bila mana Merapi meningkat dan untuk segera mengungsi,” imbuhnya.

Dia menyebut, pihaknya melakukan patroli siang dan malam. Hal ini agar warga bisa lebih tenang dan selalu mendapat informasi terbaru yang berkaitan dengan perkembangan aktivitas Merapi.

(foto : istimewa)

Sebagai informasi, rute patrol yang dilakukan personel gabungan itu dimulai dari Mapolsek Dukun kemudian menuju ke Dusun Gemer,  Ngargomulyo. Melakukan pengecekan di Dusun Tangkil Gereja Santo Paulus (Gereja terpencil paling atas).

Selanjutnya menuju ke jembatan Kali Nglamat yakni sungai yang berhulu Merapi. Lalu ke Dusun Karanganyar , Balai Desa Keningar, melakukan pengecekan ke kandan hewan ternak Desa Keningar.

Dilanjutkan pengecekan Jembatan Muntuk Sungai Senowo yang berhulu Merapi dengan jarak enam kilometer. Pengecekan kendaraan untuk persiapan mengungsi di Dusun Trono, Krinjing dan Pos Pemantauan Gunung Merapi Babadan. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: