Soal Kinerja Menteri, Survei ASI: Prabowo Paling Memuaskan

BNews—NASIONAL— Lembaga survei independent, Arus Survei Indonesia (ASI) kembali merilis hasil survei kepuasan masyarakat terhadap kinerja para Menteri di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Poin tertinggi diraih Menteri Pertahanan Letjen (Purn) TNI Prabowo Subianto dengan 43,7 persen masyarakat puas dengan kinerja mantan Pangkostrad.

Survei yang dilakukan pada tanggal 9-12 Juni 2020 itu melibatkan seribu responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Survei dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan publik terhadap tingkat kepuasan publik atas kinerja para menteri di bawah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin.

Para responden diberi kuesioner ’Menurut Bapak/ Ibu/ Saudara, bagaimana kinerja para menteri di bawah ini?’

Hasilnya, Menhan Prabowo Subianto berada pada peringkat atas dengan total 43,7 persen masyarakat merasa puas. Sementara 39 persen tidak puas dan 17 persen tidak tau atau tidak jawab.

DPD PKS Magelang Ramadhan

”Kinerja para menteri, Menhan Pak Prabowo tingkatnya paling tinggi di antara yang lain, yaitu 43,7 persen,” kata Direktur Eksekutif ASI Ali Rifan, belum lama ini.

”Disusul Menteri Luar Negeri Bu Retno 38,0 persen; ketiga Menkopolhukam Pak Mahfud Md 37,9 persen,” sambungnya.

Posisi keempat diisi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dengan tingkat kepuasan 37,8 persen. Posisi kelima ditempati Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Gusti Ayu Bintang Darmavati dengan 37,0 persen.

Baca juga: Menyentuh Hati! Kakek 78 Tahun Enggan Mengemis, Usahanya Cari Uang Bikin Haru
Sumber: Arus Survei Indonesia

Sedang menteri dengan peringkat terendah alias paling buncit diterima Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo 23,3 persen. Nomor dua dan tiga paling bawah Menteri Agama Fachrul Razi 23,8 persen dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan 26,1 persen.

”Kalau kita bicara paling bawah ini menarik karena sama-sama (dari partai) Gerindra, yang paling bagus Gerindra ada Pak Prabowo dan paling tidak bagus Gerindra Pak Edhy Prabowo,”pungkas Ali Rifan.

Sebagai tambahan, survei dilakukan dengan cara telesurvey atau wawancara responden melalui kontak telepon. Margin of error survei ini +/- 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: