Tak Banyak Diketahui, Ini Sederet Manfaat Kuaci Bagi Tubuh

BNews—MAGELANG— Kuaci merupakan salah satu cemilan yang banyak penggemarnya, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Pada umumnya, kuaci berupa biji bunga matahari, biji labu, atau biji semangka.

Cemilan dengan rasa gurih dan manis yang khas ini ternyata terkandung vitamin E, magnesium, sumber serat alami, dan serotonin. Selain itu kuaci juga terkenal akan kandungan antioksidan yang dapat bermanfaat untuk mencegah macam penyakit.

Berikut ini, beberapa manfaat kuaci untuk kesehatan yang dirangkum BorobudurNews dari berbagai sumber.

Menurunkan Risiko Diabetes

Kuaci yang terbuat dari biji bunga matahari mengandung asam chlorogenic dan asam caffeic, yang mana keduanya tergabung dalam zat bernama polifenol. Zat ini berguna sebagai sumber antioksidan.

Sedangkan zat klogenat yang terkandung dalam kuaci, bagus untuk menurunkan gula dalam darah. Sehingga kadar gula tetap normal.

Bantu Jaga Kesehatan Reproduksi

Kuaci dipercaya dapat membantu jaga kesehatan reproduksi. Biji bunga matahari merupakan salah satu sumber fitoestrogen yang baik. Fitoestrogen adalah metabolit nabati yang secara struktural dan fungsional mirip dengan hormon, terutama estrogen dan testosteron.

Konsumsi kuaci biji bunga matahari dapat membantu menyeimbangkan hormon reproduksi. Selain itu, berkat kandungan seng yang dimiliki kuaci semangka dan labu, maka keduanya sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas sperma.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Memperbaiki Organ Dalam Tubuh

Kuaci mengandung banyak Vitamin E di didalamnya. Yang mana dikenal mengandung anti-inflamasi yang mampu mengobati berbagi penyakit atau memperbaiki organ-organ dalam manusia.

Jenis kacang-kacangan ini juga mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke jaringan kulit. Artinya, bila mengkonsumsi kuaci, maka kulit bisa menjadi lebih sehat dan terhindar dari penuaan dini.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kuaci memiliki kandungan vitamin B, zat besi, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Magnesium dalam kuaci juga memiliki hubungan yang erat dengan sistem kekebalan tubuh. Magnesium dapat berperan mengatasi dan mencegah alergi.

Sehatkan Kulit

Manfaat kuaci selanjutnya yakni baik untuk menjaga kesehatan kulit. Pasalnya kuaci mengandung vitamin E dan magnesium yang bermanfaat menyehatkan kulit.

Magnesium juga bermanfaat bagi kulit dalam sintesis DNA dan RNA yang mencegah penuaan. Selain itu, seng pada kuaci juga membantu mencegah timbulnya jerawat. Vitamin E pada kuaci juga membantu mencegah radikal bebas yang bisa menimbulkan penuaan dini pada kulit.

Menurunkan Kolesterol

Kandungan pitosterol pada kuaci diyakini ampuh untuk menghancurkan lemak dalam tubuh. Selain itu, kuaci yang cenderung rendah kalori namun tinggi serat bisa menjaga tetap kenyang.

Kuaci juga mengandung protein yang dapat membantu penurunan berat badan lebih mudah. Protein ini membantu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Makanan tinggi serat juga dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: