Tegakkan Prosedur Kesehatan, KPU Kota Magelang Siapkan Bilik Khusus di TPS

BNews—MAGELANG—Pesta demokrasi pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang. Beberapa persiapan terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang.

Divisi Teknis KPU Kota Magelang, Sukorini Saddewi Tyastuti menyampaikan pihaknya akan menambah satu bilik khusus di luar ruangan saat pencoblosan mendatang. Hal tersebut dalam rangka menyesuaikan prosedur kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

”Bilik ini digunakan bagi pemilih yang suhu tubuhnya 37,3 derajat atau lebih,” kata dia, kepada Borobudurnews, hari ini (12/8/2020).

Pemilih dengan suhu tubuh 37,3 derajat atau lebih tidak diperbolehkan memasuki tempat pemungutan suara (TPS). Karenanya diperlukan bilik khusus agar pemilih tetap bisa menyalurkan hak suaranya.

Saat pencoblosan 9 Desember mendatang, warga akan dicek suhu tubuhnya menggunakan termogun sebelum memasuki TPS. Kemudian  petugas akan memberikan sarung tangan dan masker, jika warga tersebut lupa menggunakan masker.

Sukorini menjelaskan, dalam Pilkada 2020 ditengah pandemi Covid-19 ini, jumlah TPS di wilayah Kota Magelang sebanyak 233 TPS dengan jumlah pemilih maksimal per TPS sebanyak 500 orang. ”Aturan saat kondisi normal 800 pemilih. Namun dimasa pandemi ini, untuk satu TPS maksimal 500 pemilih,” jelas dia.

Download Aplikasi Borobudurnews (Klik Disini)
Loading...

Sementara untuk tahapan dan jadwal pencalonan dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang tahun 2020 sebagai berikut.

Pengumuman pendaftaran pada 28 Agustus – 3 September, kemudian pendaftaran pasangan calon sekaligus Verifikasi syarat pencalonan pada 4 – 6 September. Pengumuman dokumen pasangan calon dan dokumen calon di laman KPU, tanggal 4 – 8 September.

Selanjutnya, Tanggapan dan masukan masyarakat pada 4 – 8 September dan Pemeriksaan kesehatan 4 – 11 September. Tahapan berikutnya adalah Penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan pada 11 – 12 September.

Tahapan Verifikasi syarat calon pada 6 – 12 September dan Pemberitahuan hasil verifikasi tanggal 13 – 14 September. Untuk Penyerahan dokumen perbaikan syarat calon tanggal 14 – 16 September.

Pengumuman dokumen perbaikan syarat calon di laman KPU pada 14 – 22 September. Verifikasi dokumen perbaikan syarat calon 16 – 22 September dan Penetapan pasangan calon tanggal 23 September.

Pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon pada 24 September. Sengketa Tata Usaha Negara Pemilihan tanggal 23 September – 9 November.

Terkait masa pendaftaran peserta pemilihan, diberikan waktu tiga hari dengan ketentuan yakni pada hari pertama dan hari kedua, dilaksanakan pukul 08.00-16.00 WIB. Hari ketiga pada pukul 08.00-24.00 WIB. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: